15 December 2010

Anda Stress.. Karena anak anda lebih suka bermain dari pada belajar...?

Apakah kita sering bermain saat sedang bekerja..? Mungkin karena dulu kita termasuk anak-anak yg kurang bermain karena terpaksa/dipaksa harus belajar, belajar tiada henti dan mengerjakan PR yg bertumpuk tiada habisnya. Padahal saat itu Tuhan merancang kita sebagai mahluk kecil yg tugasnya bermain.

Mengapa kita alergi melihat anak kita bermain. Yang pertama karena dulu orang tua kita juga alergi melihat kita bermain (faktor warisan orang tua). Yg kedua perngaruh lingkungan yg mengatakan bahwa jika anak rajin belajar maka jd orang sukses dan jika anak terlalu banyak bermain jadi orang gagal. Kita lupa pada fakta sejarah, seolah-olah orang-orang yg sukses saat ini dulu waktu kecilnya tidak pernah bermain dan selalu belajar.

Fakta sejarah justru menunjukkan sebaliknya; Leonardo da Vinci sang Jenius Dunia di segala bidang, dulu waktu kecilnya selalu bermain keliling kota Vinci bersama kakeknya. Thomas Edison selalu bermain di Garasinya yg dia katakan sebagai Laboratorium, Albert Einstein selalu bermain di danau bersama perahunya, saat ia tidak menyukai pelajaran di sekolahnya, dan banyak lagi tokoh sukses lainnya yang pada masa kecilnya justru sangat puas bermain. Davinci, Edison dan Einstein kecil ini tidak menyadari bahwa malalui bermain itulah justru sebenarnya mereka banyak belajar.

Itulah mengapa AS Neil mendirikan sebuah sekolah di Inggris “THE SUMMER HILL” School, yg membolehkan setiap anak untuk bermain dan memilih aktivitas harian yg ingin dipelajarinya, dan bahkan belajarpun dilakukan sambil bermain. Itulah sekolah yg sangat di sukai anak dan di cintai oleh para alumnusnya namun sekaligus di benci oleh Dewan Pendidikan Kota

Begitu pula dengan Sosaku Kobayashi di Jepang dengan sekolah Tomoegakuen, sekolah yg berhasil membuat semua dan seluruh siswanya menjadi orang sukses di dalam dan di luar negeri, menjadi Duta Kemanusiaan di PBB, menjadi Ahli Nuklir di AS, Menjadi Ahli Ruang angkasa di Nasa. Sekolah yg selalu mengajak anaknya bermain dan bermain, dan mereka menyebutnya itu adalah belajar.

Oleh karena itu jika anak anda berusia balita hingga SD ijinkanlah ia untuk bermain, karena bermain adalah bagian dari fitrah alami seorang anak. Belajarlah sambil bermain, dan mengerjakan Tugas sambil bermain. Pilihkanlah permainan yg sehat bagi mereka.

Tahukah anda bahwa mayoritas permainan tradisional Indonesia sangat sehat dan mendidik seperti Congklak (strategi, kejujuran, kesabaran, hitungan), “Yeye” Karet lompat atau Karet Putar (Motorik, konsentrasi, prestasi, euritmik), Mobil-mobilan kulit jeruk (kreativitas, inovasi, non toxic, pemanfaatan limbah, Wayang (filosofi, etika moral). dsb.

Michel Jackson adalah contoh Tragis dari seorang anak yang “di renggut” masa kanak-kanaknya oleh sebuah ambisi sukses orang tua. Anak kecil ini telah di paksa dengan kekerasan untuk melalukan latihan serius ala orang dewasa dan tidak di ijinkan untuk menikmati masa kanak-kanaknya secara alami.

Betul memang MJ secara kasat mata kelihatan sebagai orang yg sangat “SUKSES” bergelimang harta dan ketenaran, namun tahukah anda bahwa jiwanya begitu rapuh dan selalu rindu akan masa kanak-kanaknya yg hilang terampas dan tidak pernah bisa kembali lagi. Itulah mengapa dirinya juga sekaligus bergelimang masalah.

Ya...!! masalah yg berawal dari ambisi orang tua dengan alasan agar kelak anaknya menjadi orang sukses.

Mari kita renungkan bersama...

Selamat ber-akhirpekan dan selamat bermain bersama putra-putri tercinta.

Salam hangat,
ayah edy

(sumber: ayahkita.blogspot.com)

Delapan Manfaat Utama Mangga


MANGGA memang dikenal mengandung zat antioksidan yang menetralisasi radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh dan berujung pada masalah kesehatan seperti jantung, kanker, dan penuaan dini. Namun, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dai buah beraroma harum ini, berikut beberapa di antaranya:

1. Kandungan zat besinya yang tinggi baik bagi ibu hamil dan penderita anemia. Tapi, jangan sampai berlebih, berkonsultasilah dahulu dengan dokter untukmendapatkan takaran yang sesuai dengan kondisi Anda.
2. Anda dipusingkan dengan masalah penyumbatan pori-pori wajah? Tempelkanlah irisan mangga ke wajah Anda kemudian bersihkan setelah sepuluh menit.
3. Bila Anda memiliki masalah dengan saluran pencernaan, tak ada buah yang dapat membantu banyak seperti halnya mangga. Mangga dapat melancarkan pencernaan karena mengandung enzim yang membentu mencerna protein.
4. Mangga kaya akan kalium sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, mangga juga mengandung pektin, bahan serat yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.
5. Anda tengah berupaya menaikkan berat badan? Masukkanlah mangga ke menu harian Anda. Mangga kaya akan kalori dan karbohidrat yang menyehatkan serta menambah daya tahan tubuh.
6. Beberapa penelitian menyatakan memakan mangga dapat memperkecil risiko terkena pembentukan batu ginjal.
7. Sedang belajar untuk ujian? Buah ini juga kaya akan asam glutamin yakni protein penting untuk konsentrasi dan memori. Daripada mencamil keripik dan kue kering, lebih baik memakan irisan mangga sembari belajar.
8. Meski secara tradisional tidak dianggap sebagai afrodisiak, mangga mengandung vitamin E yang membantun meningkatkan kehidupan seks seseorang. Vitamin E memang berfungsi mengatur hormon seks seseorang.Jadi, jangan tunggu sampai musim mangga datang, makanlah sekarang sebagai buah pendamping.

( sumber: mediaindonesia.com)

10 December 2010

MENGOLAH SAYURAN


1.Sayur harus dicuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel. Pencucian dilakukan sebelum sayuran dikupas atau disiangi agar vitaminnya tak hilang.
2.daun singkong dan daun papaya harus direbus dulu sebelum diolah karena seratnya banyak hingga butuh waktu lama untuk mematangkannya. Perebusan juga bisa mengurangi rasa pahitnya.
3.merebus sayuran untuk lalap sebaiknya tidak terlalu lama, agar masih renyah dan tidak banyak kehilangan vitamin,
4.sayuran seperti wortel, jangan dukupas terlalu tebal agar tidak hilang vitaminnya.
5.supaya sayuran yang direbus /dikukus tetap menarik warnanya, rendam sayur di dalam air es begitu diangkat, sehingga proses pemansan langsung berhenti dan sayur tidak menjadi layu.
6.ketika memasak bermacam-macam sayur dalam satu masakan (sayur asam, sup, lodeh), jangan masukkan semua sayur sekaligue. Sayuran yang teksturnya paling keras dimasukkan lebih dulu, lalu yang agak keras, sampai yang paling lembut.
7.sayuran yang lembut dan cepat matang, sebaiknya dipotong dalam ukuran besar.
8.mengukus atau merebus berbagai sayur untuk lalap, gado-gado atau urap, harus dilakukan terpisah dan dalam air yang berbeda, hingga aroma masing masing sayur tidak saling tercampur.

(sumber: Mudah Memasak Kuliner Nusantara

08 December 2010

NUGGET WORTEL KEJU


Daripada krucils makan nugget siap saji yang banyak msg-nya, mending bikin sendiri aah :D

bahan bahan:
150gr ayam giling
30gr tepung maizena
tepung panir
2 sendok makan, tepung terigu
1 buah wortel, parut
1 butir telur
keju cheddar, parut
garam
gula
lada bubuk
1 siung bawang putih, parut/haluskan
minyak untuk menggoreng

cara membuat:
1. campur ayam giling, tepung maizena, wortel yang telah diparut, keju, dan telur.
2. setelah merata bubuhi bawang putih, garam, gula dan lada. lalu kukus sekitar 40 menit.
3. angkat setelah matang, diamkan agak dingin. potong sesuai selera.
4. celupkan ke dalam tepung terigu yang telah diencerkan dengan air, lalu gulirkan ke tepung panir.
5. goreng satu per satu dalam minyak panas.
6. nyam nyammmm, siap disantappp!!

Seseorang yang Mencintaimu

Seseorang yang mencintaimu,
mungkin tak selalu mengatakan cinta atau sayang.
Ia mungkin akan mengungkapkannya dalam hal hal kecil yang tak kau sadari,
tapi hal kecil itu untukmu.

Seseorang yang mencintaimu,
mungkin tak selalu ada untukmu, setiap saat setiap waktu.
Tapi Ia akan berusaha selalu ada untukmu di saat kau membutuhkannya.

Seseorang yang mencintaimu,
mungkin tak punya hobi, minat atau kesukaan yg sama denganmu.
Tapi Ia akan mencoba memahamimu dan mendengarkan semua ceritamu tentang hobi dan minatmu yang berbeda dengannya, meski mungkin sering Ia tak mengerti. Bahkan terkadang, Ia akan berusaha melakukan atau menyukainya juga, meski tak selalu berhasil.

Seseorang yang mencintaimu,
mungkin tak selalu memberikanmu hadiah hadiah mahal.
Tapi Ia akan memberikan hadiah yang Ia tahu kalau kau pasti akan menyukainya.

Seseorang yang mencintaimu,
mungkin tak pernah bersikap romantis di matamu.
Tapi tahukah kau justru keromantisannya ada dalam setiap sikap dan tindakannya setiap saat, ketika berinteraksi denganmu. Ada celah celah kecil yang harus kau gali untuk menemukan keromantisannya.

Seseorang yang mencintaimu,
Ia akan tetap jadi apa adanya Ia. Biarkanlah Ia tak berubah, karna Ia yang seperti itulah yang membuatmu jatuh cinta. Karna cinta tak selalu harus sama dan sesuai keinginan. Itulah indahnya cinta :)

** tha, 6 des '10
Terinspirasi dari peristiwa kabel ties pagi tadi.. LoVe YoU sayangku, seperti apa adanya dirimu :)

03 December 2010

TUMIS POKCOY



Tumis yang simpel, tapi enaakkk...
Bahan bahan:
1/2 kg pokcoy
2 siung bawang putih, cincang kecil
3cm jahe, keprek
merica bubuk
garam
gula
2 buah cabe merah besar, bersihkan bijinya, iris besar memanjang.

Cara membuat:
1. tumis bawang putih hingga harum, masukkan berturut turut cabe merah dan jahe. masukkan pokcoy dan beri garam, gula, merica secukupnya.
2. angkat setelah matang. siap disantap!!

01 December 2010

PERKEDEL KENTANG DAGING


Iseng iseng bikin perkedel kentang nih… ternyata hasilnya lebih yummm yuummm!!

Bahan bahan:
½ kg kentang, rebus lalu haluskan
¼ kg daging giling
1 butir telur
Bawang goreng
1 sdm tepung maizena
Minyak goreng, untuk menggoreng
Mentega, untuk menumis daging
Air, secukupnya

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
Merica, secukupnya
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya

Cara Membuat:

1.tumis daging giling, sisihkan.
2.campur kentang rebus yang telah dihaluskan, dengan tumisan daging, tepung maizena dan bumbu halus, beri sedikit air. Setelah rata, masukkan telur, aduk hingga rata. Masukkan bawang goreng, aduk hingga rata.
3.bentuk adonan jadi bulat pipih.
4.goreng satu persatu dalam minyak panas. Angkat setelah matang kuning kecoklatan.
5.siap dinikmati!!
6. Jika ingin disimpan, setelah dibentuk pipih, simpan dalam wadah lalu dimasukkan freezer, suatu saat kalau pengin tinggal keluarkan dari kulkas, diamkan dalam suhu ruang, atau panaskan sejenak dengan microwave, lalu digoreng deh :D

30 November 2010

BOLA UBI ISI COKLAT


Bola ubi isi coklat... yumm yumm!!
yang tertarik bikin, yuuk silakan ^^

Bahan bahan:
1/2 kg ubi, rebus lalu haluskan
tepung terigu, 1 sendok makan
tepung sagu, 3 sendok makan
susu cair (UHT) atau air, secukupnya
susu kental manis, 2 sendok makan
coklat batangan, iris tipis
minyak goreng, untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu dan tepung sagu.
2. tambahkan susu/air sedikit demi sedikit, hingga adonan tercampur rata dan kental.
3. tambahkan susu kental manis, aduk rata. bisa juga ditambahkan sedikit garam dan gula.
4. bentuk bulat adonan, pipihkan, lalu isi dengan irisan coklat, tutup lagi dan bentuk bulatan.
5. goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
6. yummm yuuummm... siap dimakan!!

GULAI IKAN PATIN


Bahan bahan:
1 ekor ikan patin, kira kira sekitar 6 potong
Tahu
Santan
Lengkuas
Tomat
Daun salam, 2 lembar
Serai, 1 batang
Garam
Gula
Minyak goreng, untuk menumis

Bumbu Halus:
Bawang putih, 4 siung
Bawang merah, 7 siung
Ketumbar
Merica, sedikit
Kunyit, 3cm

Cara Membuat:
1.Goreng ikan patin dan tahu hingga matang, pisahkan.
2.tumis bumbu halus. Setelah harum, masukkan ikan, tahu, lengkuas, tomat, daun salam, serai. Masukkan air dan santan. Tambahkan garam dan gula, secukupnya.
3.masak dengan api kecil, hingga bumbu meresap.
4.setelah matang, angkat.
5.hidangkan dengan taburan bawang goreng.
6.siap dinikmati!!

26 November 2010

KOLAM


Judul: Kolam
Pengarang: Sapardi Djoko Damono
Penerbit: Editum
Tebal halaman: 120 hlm

Dari sejak awal buku ini diterbitkan, aku sudah sangat menginginkannya. Apalagi setelah membaca beberapa puisi di dalamnya yang ditulis dalam beberapa blog. Jadi sungguh sangat ingin, hingga terbayang bayang. Tapi apa daya, ternyata buku ini sangat sulit didapat. Di berbagai toko buku terkemuka tak kutemukan, di toko buku online pun aku tak berhasil mendapatkannya. Entah karena memang berjodoh dan memang rejekiku, tanpa dinyana nyana, suamiku yang sedang jalan jalan ke suatu pameran menemukannya. Wow, bersuka citalah aku hingga rasanya ingin melompat. Dan memang benar, begitu aku membacanya, kesimpulanku : aku sungguh sangat menyukai buku ini!! Sebanding dengan sulitnya mendapatkan buku ini.

Buku ini terbagi menjadi 3 bagian: Buku Satu, Buku Dua, dan Buku Tiga. Isinya unik dengan beragam tema seperti biasa. Tema tema sederhana yang dikemas dalam bentuk yang indah, tema hidup keseharian, tema alam, tema yang menurut kita unik untuk dijadikan sebuah puisi. Tapi jadi indah, sangat indah. Ada juga beberapa puisi yang seolah berisi dialog. Emm, bukan dialog sebenarnya, karena orang kedua hanya menimpali kalimat orang pertama, yang biasanya bertindak sebagai aku. Misalnya dalam puisi yang ke 32, ‘SONET 11’.

Terima kasih, kartupos bergambar yang kau kirim dari Yogya
sudah sampai kemarin. Tapi aku tak pernah kirim apapun,
kau tahu itu. Aku sedang kena macet, Jakarta tetap seperti
yang dulu juga
ketika suatu sore buru-buru kau kuantar ke stasiun.

Tapi aku tak sempat menulis apa pun akhir-akhir ini.
Kubayangkan kau kubonceng sepeda sepanjang
Lempuyangan
berhenti di warung bakso seberang kampus yang sepi.
Kau masih seperti dulu rupanya, menyayangiku? Bayangkan

kalau nanti kita ke sana lagi! Di kartu pos itu ada jalan
berkelok, bermuara di sebuah taman tua tempat kita nyasar
melukiskan hutan, sawah, kebun buah, dan taman
yang ingin kita lewati: gelas yang tak pernah penuh.
Hahaha, dasar!

Aku suka membayangkan kartu pos itu memuat gambarmu,
residu dari berapa juta helaan dan hembusan napasku dulu


Ada juga yang seperti sebuah cerita, menggambarkan sebuah kejadian hingga kita membayangkannya, tapi meski begitu, tetaplah puisi. Misalnya yang judulnya ‘Waktu Ada Kecelakaan’.

Ada kecelakaan kecil di depan gerbang kompleks, motor sama motor. Ada gerimis yang membasahi jalan, kendaraan, dan orang-orang yang naik motor sendirian atau boncengan. Ada dua orang satpam yang tumben keluar dari gardunya membantu menyingkirkan motor ke pinggir. Ada burung yang mencicit di rimbunan daun pohon cengkeh, yang tidak pernah berbunga, yang berjajar di sepanjang pagar kompleks ini. Kamu lagi di mana? Ada beberapa pengendara motor lain yang berhenti dan bertanya ini itu lalu buru-buru pergi lagi. Kamu ngapain di situ? Ada suara penyiar yang membaca berita hangat di televise yang nyala terus siang malam tanpa ada yang menonton di dalam gardu satpam.
Ada aku.

Karena temanya beragam, jadi seru membacanya. Semua hal yang tadinya sederhana, setelah membaca dalam bentuk puisinya menjadi indah dan kita pikirkan. Padahal tadinya tak terpikir sama sekali. Asyik sekali rasanya membaca buku kumpulan puisi ini, nggak membosankan. Puisi yang khas SDD juga masih tetap ada, tapi sebenarnya semuanya khas SDD :D

Ketika Penghujan Tiba

Ketika penghujan tiba
Pohon-pohon mengenang
Matahari kemarau
Dengan melantunkan
Zikir kabut dan azan gerimis
Dan gumam lembab dan geludug
:
Ketika penghujan tiba
Pohon-pohon sibuk merawat
Anak-anaknya.

Buat yang suka SDD dan tertarik memilikinya, silakan berburu buku ini!

Ke Taman Mini Yuukk!








Hari Minggu yang lalu kami sekeluarga ke Taman Mini Indonesia Indah. Tujuan utamanya pengin ke Museum IPTEK, karena Kak Ditya udah TK, dan dia lagi suka banget sama berbagai hal yang berbau eksplorasi dan percobaan. Dulu memang udah pernah ke sana, tapi waktu Kak Ditya Play Group, jadi pasti udah lupa. Tambahannya kami akan mampir ke Aquarium air tawar. Lalu, ayah pun nggak mau kalah, pengin ngajak Kak Ditya ke Museum Transportasi, karena memang Kak Ditya hobi banget sama segala sesuatu tentang mobil.

Alhamdulillah jalanan nggak macet, jadi kurang dari sejam, kami udah sampai TMII. Lumayan ramai hari itu, mungkin karena hari Minggu banyak yang berwisata ya. Berhubung ramai, jadi kita nggak langsung ke Museum IPTEK, tapi mana dulu yang kelewatan deh. Ternyata yang pertama kali terlihat dari daftar tujuan kami adalah Museum Transportasi. Waah, seneng banget tuh Kak Ditya. Tiketnya 2 ribu rupiah per orang, kalau ingin masuk ke pesawat garuda bayar lagi 3 ribu rupiah per orang. Setelah parkir dan membeli tiket, masuklah kita ke dalam. Yang pertama kali menarik perhatian adalah Helikopter yang letaknya memang di dekat pintu masuk. Kami langsung ke sana, melihat lihat. Lalu kami menuju ke museum yang di dalam ruangan. Di sana ada opelet, ada kereta, ada kereta kuda, ada juga miniatur berbagai alat transportasi. Bus transjakarta juga ada lho miniaturnya. Setelah itu kami keliling ke area yang lain. Ada kereta kereta yang udah nggak kepakai, ada berbagai jenis bus, ada rambu rambu lalu lintas, ada juga stasiun kereta, lengkap dengan kereta dan rel keretanya. Cukup menarik yaa. Terakhir, kami ke pesawat garuda yang ada dekat pintu masuk. Ayah, Kak DItya dan Adek Bintang masuk ke dalam, sementara aku menunggu di luar karena nggak terlalu tertarik.

Dari Museum Transportasi kami melanjutkan petualangan. Ternyata yang paling dekat adalah Aquarium Air Tawar. Tiket masuknya 15 ribu per orang, sudah termasuk tiket masuk Museum Serangga. Di dalam Aquarium ada berbagai jenis ikan. Dari yang sering kita lihat, sampai yang nggak pernah kita lihat. Nah, kalau di sini, adek Bintang yang girang bukan kepalang setelah sebelumnya manyun kepanasan di Museum Transportasi. Adek Bintang memang suka Binatang, jadi berbinar binarlah matanya melihat berbagai jenis ikan yang menarik hati. Kami nggak ke Museum Serangga, karena buru buru mengejar waktu buka Museum IPTEK, saat itu sudah pukul 3 sore, sedangkan Museum IPTEK tutup jam 5 sore.

Akhirnya, sampailah kami di Museum IPTEK. Tiketnya 15 ribu rupiah per orang. Begitu masuk gedungnya, waah, Kak Ditya panik heboh ke sana kemari, pengin mencoba semuanya. Ada alat musik kulintang, angklung, tentu yang telah dimodifikasi dengan teknologi. Lalu ada roket luncur yang pakai air. Ada percobaan tsunami, rumah gempa, harpa tanpa dawai, mobil musik, rumah cahaya, bermacam macam deh. Rasanya nggak ada yang terlewat, semua dicoba oleh Kak Ditya. Akhirnya sekitar jam 4.30 sore kami keluar. Petualangan hari Minggu itu sangat memuaskan, semua senang deh :D

25 November 2010

SAHABAT ADALAH...

SAHABAT ADALAH…

Sahabat adalah pasangan jemarimu,
Jadi genggamlah ia.
Ketika kamu takut, genggamlah ia erat erat.
Biarkan ketakutanmu mengalir, biarkan resahmu menyelusup di antara genggamannya, sampai gelisahmu hilang dan kau bersyukur telah menggenggamnya.
Ketika kamu bahagia, genggamlah ia erat erat.
Biarkan bahagiamu mengalir, biarkan letupan letupan riang bermain main di telapak tanganmu, bersentuhan dengannya, dan kau bersyukur ada jemari lain yang menjaga rasa bahagia itu tetap ada di dalam genggamanmu.

Sahabatmu adalah detakan jantungmu,
Jadi dengarkan ia.
Ia akan selalu berdetak untukmu, memberitahu ketika jantungmu berpacu terlalu cepat, juga ketika jantungmu melemah dan kau kehilangan gairah.
Ia akan selalu berdetak untukmu, bahkan ketika kau ingin menutup kupingmu rapat rapat dan tak mau mendengarnya.
Ia takkan pernah berhenti berdetak, karena ia sahabatmu, karena ia ingin memastikan bahwa kamu baik baik saja.
Ia akan selalu bersamamu, di dalam tubuhmu.

Sahabatmu adalah sebelah kakimu,
Jadi melangkahlah bersamanya.
Ia tak pernah melangkah bersamaan dengan kamu, karena kau akan melompati waktu waktu yang tak pernah kau tahuseberapa indah, karena ia tak ingin kamu kehilangan menit menit yang mungkin indah itu.
Tapi ia akan berada di belakangmu,
Atau di depanmu.
Ketika kau di depan, ia akan mengawasimu dari belakang.
Dan ketika kau di belakang, ia bukan hanya berusaha untuk melindungimu dari belukar, menyisir jalanan yang akan kau lewati agar kau baik baik saja, tapi ia juga ingin kamu mengawasinya dari belakang.
Karena kamu adalah sahabatnya.
Tapi…

Sahabatmu bukanlah pasangan sayapmu.
Sahabatmu tidak akan mengatur kemana kau akan terbang, atau kapan saja kau ingin terbang.
Ia akan menjadi angin yang berhembus di bawah sayap sayapmu, membantu kamu terbang kemanapun kau inginkan, kapanpun kamu mau.
Ia akan berusaha selalu berhembus untukmu, ia akan selalu mendukungmu kemanapun arah yang kau tuju.
Dan ketika sahabatmu ingin terbang, ia juga ingin kamu menjadi angin untuknya, meyakinkan dirinya bahwa kamu selalu ada buat dirinya.

Jadi…
Jika kau takut atau bahagia, berbagilah denganku…
Karena aku akan selalu ada untukmu, berdetak untuk jantungmu,
Dan akan selalu memperhatikanmu dalam setiap langkahmu.
Dan…
Ketika kamu ingin terbang,
Aku tak ingin menjadi sayapmu, mengatur arah cita citamu,
Tapi aku akan selalu menjadi angin yang ada di balik sayapmu, membantumu terbang menggapai keinginanmu.

(The Blings of My Life – Lala Purwono)

** Sahabatku sayang, membaca ini… indah rasanya… terimakasih untuk persahabatan indah kita selama ini… tak terkatakan banyaknya hal yang telah kita lewati bersama, berapa kisah yang telah kita bagi bersama, berapa petualangan telah kita lalui bersama… Semoga selalu untuk selamanya ^_^ (uuuhhh jadi mengharu biru, merasa jadi manusia yang sangat beruntung karna punya sahabat yang sangat sangat pengertian dan baiiiiikkkk banget)

24 November 2010

SEMUR BOLA DAGING


Bahan bahan:
daging cincang
tepung terigu, 3 sendok makan
kentang, potong sedang
garam
gula
lada
bawang putih, 3 siung, cincang kecil
bawang bombay, 1/2 bulatan, potong potong
Tomat, potong
Kecap
minyak goreng, untuk menumis

Cara Membuat:
1. Campur daging cincang dan terigu, uleni hingga bisa dibentuk, bentuk bulat bulat seperti bola.
2. Tumis bawang putih. Setelah harum, masukkan bawang bombay dan tomat. Aduk, setelah layu, masukkan kentang. Beri air. Tunggu hingga mendidih, masukkan bola bola daging. tambahkan garam, gula dan kecap.
3. Angkat setelah matang, sajikan dengan taburan bawang goreng.

PISANG GORENG TABUR KEJU KISMIS



Bahan bahan:
pisang, tanduk atau uli, potong ukuran sedang
tepung terigu
tepung sagu
garam
gula
keju, parut
kismis
mentega
susu kental manis putih
Minyak goreng

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung sagu, garam, gula, beri air sedikit demi sedikit, aduk hingga cukup kental.
2. Masukkan pisang dalam adonan, goreng dalam minyak panas, satu demi satu. angkat setelah matang kekuningan.
3. Susun dalam piring. olesi mentega di atasnya, lalu beri taburan keju, susu kental manis, terakhir taburi dengan kismis.
4. Nyam nyam... siap disantap!!

KERIPIK BAYAM



Udah lama nggak bikin keripik bayam, kemaren tiba tiba kepikiran pengen bikin. dan ternyata masih enak... hehe... Kak Ditya juga masi tetap suka, cemal cemil tiada henti :D

Bahan bahan:
daun bayam, pilih yang agak besar dan utuh
tepung terigu
tepung sagu
garam
gula
Minyak goreng, untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung sagu, garam, gula, beri air sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata dan encer, tapi jangan terlalu encer ya.
2. Goreng dalam minyak panas. Angkat setelah matang.
3. Kriukkk kriukkk... siap dinikmati!!

19 November 2010

SAKINAH BERSAMAMU


Judul: Sakinah Bersamamu – Belajar Bijak Berumah Tangga melalui Cerita.
Pengarang: Asma Nadia.
Penerbit: ANPH
Tebal Halaman: 344 hlm

Cinta mestinya bagai sepasang sayap yang
membawa kita terbang tinggi.

Cinta mestinya bagai udara yang
membuat kita selalu memiliki harapan.

Tapi cinta juga mestinya bagai lukisan
yang tak kunjung selesai, dengan begitu
kita tak pernah meninggalkannya.


Sebuah kumpulan cerpen karya Asma Nadia. Berisi 17 cerpen dan 17 pembahasan seputar ujian dalam berumah tangga. Isi cerpennya seputar urusan rumah tangga, dengan berbagai tema. Pembahasannya ringan, mudah dicerna dan dipahami. Selain cerpen dan pembahasan masing masing cerpen tersebut, ada juga puisi di awal sebuah cerpen. Terus terang aku suka beberapa puisi di buku ini, sederhana tapi indah. Seperti puisi yang aku kutip di atas. Atau yang berikut ini…

Anak-anak adalah buku cerita yang kita tulis sendiri.

Bagian pertamanya sungguh membuat takjub,
sedang bagian berikutnya sungguh mencengangkan.


Beberapa judul cerpen dalam buku ini di antaranya: Rahasia Mas Danu; Ngambek!; Ibu Pergi Sebulan; Arti Bunda; Lelaki yang Selalu Sendiri; Cerita Tiga Hari; Saat Memaknai Cinta, Sakinah Bersamamu dll. Tema yang beragam membuat buku ini tak membosankan saat dibaca, apalagi ada ulasannya yang terkadang jadi membuat kita membandingkannya diri sendiri. Tema rumah tangganya pun tak hanya seputar pengantin baru, temanya luas, mulai dari persoalan pengantin baru yang sering cemburuan, yang suka ngambek sampai tentang perkawinan yang telah bertahun tahun yang kurang greget, juga tentang lajang yang sukses, tentang perselingkuhan dan cara menyikapinya, dll.
Ada petikan yang aku suka dari cerpen berjudul “Ngambek!”

‘Malam itu indah belajar sesuatu: hal paling tidak enak ketika ngambek adalah… dicuekin!’
‘Ia pun mencatat dalam hati: hal kedua yang paling menyebalkan ketika ngambek adalah, ditinggal sendirian!’
‘Hal ketiga yang paling menyebalkan dan membuat aksi ngambek seperti percuma adalah… berhadapan dengan orang yang tidak sensi!’
‘Finally, hal terbaik dari ngambek adalah… baikan!’


Ini persoalan pasangan yang baru menikah sebenarnya, masih beradaptasi mencoba saling mengerti dan memahami sifat pasangan. Karena aku juga pernah mengalaminya, jadi bacanya juga cekikikan sendiri, meski ngambeknya nggak selucu dan seekstrim tokoh Indah di cerpen ini sih. Tenang Indah, kamu tidak sendiri, suamiku juga nggak sensi kok… hehehe…
Ada juga tentang pasangan yang telah menikah belasan tahun. Dalam cerpen berjudul ‘Mata yang Sederhana’ sang istri selalu tampil sederhana, mengurusi semua urusan anak, rumah dan suami dengan sempurna. Semua benar benar ditangani tanpa merepotkan suami. Meladeni semua keperluan suami, menjaga pikiran suami supaya tak terganggu dengan berbagai urusan rumah dan anak yang kadang rumit. Tapi suatu ketika suaminya mulai merasa semua itu terlalu monoton, ia tiba tiba ingin sesuatu yang gila, yang membuat hidupnya lebih ceria dan berwarna.
Cerpen ‘Cerita Tiga Hari’ juga menarik. Tentang bagaimana beratnya kehidupan suami di luar rumah, banyaknya godaan yang ada di luar rumah. Kehidupan dalam rumah yang indah, ceria dan nyaman lah yang bisa menjaga suami dari hal-hal yang tak diinginkan. Kisahnya tentang kehidupan seorang supir bajaj selama tiga hari. Seorang lelaki yang mempunyai keluarga yang indah, menyenangkan dan membuatnya bahagia. Tentang bagaimana dia menjalani hari hari dan menangkal berbagai godaan.
Dalam cerpen ‘Saat Memaknai Cinta’, bercerita tentang kesabaran seorang ibu yang mestinya tak berbatas saat merawat anaknya. Sebenarnya ceritanya bagus, cuma rasanya ada beberapa hal yang agak dipaksakan dalam cerpen ini, yaitu banyaknya nasehat tentang cara mendidik anak yang baik, yang ditampilkan dalam narasi atau dalam kalimat tokoh-tokohnya, kali ini jadi terasa menggurui, meski maksudnya memang baik sih. Misalnya dalam dialog antara Ibunya Anik dan Nia, adik Anik. “Kalau masih kecil gitu, Bu… kalau sampai merusak atau mecahin ini itu, kan salah kita yang orang dewasa. Siapa suruh kita menaruhnya dalam jangkauan anak?” atau kalimat lain lagi, “Dulu, teman Ibu malah ada yang lebih bagus lagi Nia. Sebelum dua tahun, anaknya hanya dikasih tahu, ditegur kalau dia salah. Merebut mainan kakaknya atau bersikap pelit. Tahu sendiri ‘kan anak-anak batita begitu?” Dan beberapa kalimat lain tentang cara mendidik anak.
Cerpen ‘Arti Bunda’ juga sarat makna, membuat aku membandingkannya dengan diri sendiri. Tentang seorang ibu rumah tangga yang ingin bekerja kembali setelah anak anaknya tumbuh besar. Aku pun sempat terpikir seperti itu, tapi ah… rasanya tetap nggak tega ninggalin anak-anak. Kalau memang bisa, lebih baik cari kerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Alhamdulillah, aku bisa sembari menerjemahkan komik di rumah, jadi ilmu yang kudapat nggak akan hilang :)
Secara keseluruhan buku kumpulan cerpen ini bagus, menarik dan nggak membosankan saat membacanya. Sempat terpikir untuk memberi buku ini sebagai kado, tapi untuk siapa yaa… ^O^

Cinta yang kita punya
Tak ubahnya sepasang tangan menengadah.
Yang satu selalu menatap rindu kepada yang lain.

16 November 2010

Ayam Goreng Tepung



Kalau si Kecil suka ayam tepung yang kriukk kriukk, daripada beli di fast food, yang jelas kurang baik, lebih aman bikin sendiri... gampang kookkk, yuukk bikin :)

Bahan bahan :

Ayam Ungkep
Bumbu :
Serai, keprek
Salam
Lengkuas, keprek

Bumbu halus :
bawang putih
kunyit
ketumbar
kemiri
garam
gula

Ayam Goreng Tepung

Tepung terigu
Tepung sagu/tapioka
Telur
Garam
Perbandingan tepung terigu dan sagu, 5:2 (misal 5 sendok makan tepung terigu, 2 sendok makan tepung sagu)

Cara Membuat :
1.Buat ayam ungkep. Campurkan bumbu halus, serai, salam, lengkuas dengan ayam, aduk aduk dan rebus hingga matang.
2.Angkat, tiriskan ayam.
3.Campur tepung terigu dan tepung sagu, bubuhi garam secukupnya. Bagi 2 campuran tepung.
4.Bagian pertama, buat adonan cair. Tambahkan air ke dalam tepung, jika suka bisa ditambahkan telur juga. Bagian kedua biarkan tetap jadi adonan tepung kering.
5.Celupkan ayam ungkep ke adonan pertama, lalu masukkan ke adonan tepung kering hingga merata, goreng satu persatu dalam minyak panas.
6.Angkat setelah matang coklat kekuningan.
7.Kriukkk kriukkk siap dinikmati :D

HASH BROWN


Tadi pagi iseng iseng cobain resep hash brown, eeh... lumayan berhasil juga :D
ini resepnya yaa...

Bahan bahan :
½ kg kentang (3/4 butir), parut kasar
Keju chedar, parut
1 butir telur
Bawang bombai / bawang putih (sesuai selera), cincang halus.
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
Lada, secukupnya
Margarine, secukupnya
Minyak goreng, untuk menggoreng

Cara membuat :

1.kentang yang telah diparut, diperas airnya.
2.Campur kentang dengan keju chedar, telur, bawang putih, garam, gula, lada. Panaskan margarine, tuang margarine cair dalam adonan.
3.Bentuk bulatan atau segi empat, sesuka hati.
4.Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
5.Setelah matang, angkat. Siap dinikmati deh…
6.Sajikan dengan saus tomat atau saus sambal, bisa juga sebagai pelengkap steak.

12 November 2010

TELUR BESENGEK



Iseng iseng mencoba resep masakan, lumayan juga rasanya... ehehehe...

Bahan bahan :
Telur, rebus, kerat, goreng
daun salam
lengkuas, memarkan
serai
kecap manis
garam
gula merah, iris tipis
air asam jawa
santan
minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
bawang merah
bawang putih
cabai merah
kemiri
terasi
ketumbar

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sampai harum.
2. masukkan telur, aduk aduk.
3. beri kecap manis, garam dan gula merah. aduk rata.
4. tuang santan, masak sampai berminyak. lalu tambahkan air asam jawa, aduk aduk.
5. Angkat setelah matang. Selamat menikmati ^^

(sumber resep : Mudah Memasak Kuliner Nusantara)

Duo Hippo Dinamis


DUO HIPPO DINAMIS

Judul : Duo Hippo Dinamis, Tersesat di Byzantium
Pengarang : Trinity, Erastianty, Sheila Rooswitha
Tebal Halaman : 130
Penerbit : B First (Bentang Pustaka)


Sebuah Graphic Travelogue, demikian ditulis di sampul muka bukunya. Isinya tentang perjalanan DHD, Duo Hippo Dinamis, ke Turki, sebuah negeri yang terletak di benua Eropa dan Asia yang dibelah selat Bosphorus di antaranya. Sebenarnya kisah ini sudah pernah ada di The Naked Traveller, tapi dalam buku ini dibuat dalam bentuk grafis/komik. Jadi terasa berbeda saat membacanya. Seru, menghibur dan membuat kita membayangkan kondisi sesungguhnya.
DHD yang memang hobi jalan jalan, kali ini berencana pergi ke Turki. Seperti kata Nina “Ke Turki! Lautnya bagus. Kotanya indah. Makanannya enak dan muka manusia-manusianya lumayan sedap dipandang, hanya saja agak bau kalau keringetan.” Hehe… penggambarannya saja sudah lucu.
Mereka pergi ke Istanbul, dan juga ke Ankara dan Cappadocia. tersesat di Istanbul saat mencari tempat untuk mandi Hamam. Petualangan mereka saat mencoba mandi ala turki, yang disebut Hamam, diceritakan dengan gaya yang kocak dan menarik. Hingga akhirnya mereka bertemu ET yang menunjukkan jalan dan mengantar ke Cappadocia, bahkan mengenalkannya dengan temannya yang bernama Hasan, yang menampung mereka bertiga selama jalan-jalan di Cappadocia. Dan tentunya kisah petualangan seru mereka selama di Cappadocia yang menakjubkan. Duuh, membacanya membuat aku jadi pengin juga jalan-jalan ke Turki :)

09 November 2010

MAC and CHEESE


macarony and cheese, semua pasti sukaaaa...

bahan bahan:
macaroni
sosis, potong kecil, (bisa diganti daging cincang)
keju, parut, bagi 2 bagian untuk dalam adonan dan topping
susu cair
tepung terigu, sedikit (2 sendok makan)
roti tawar, parut
mentega
garam
gula
merica bubuk

cara membuat:
1. rebus macaroni, lalu angkat dan tiriskan setelah matang.
2. panaskan mentega, tumis parutan roti, lalu angkat setelah menguning, sisihkan.
3. campur susu cair dan terigu, aduk hingga merata. Lalu rebus, terus aduk hingga mengental. satu persatu masukkan sosis, macaroni, garam, gula dan merica.
4. setelah cukup matang semua, angkat dan tuang ke wadah yang telah disediakan.
5. masukkan keju ke dalam wadah, aduk hingga tercampur rata.
7. tuang roti yang telah ditumis di atas adonan, lalu terakhir beri parutan keju di bagian paling atas.
8. panggang dalam oven atau kukus hingga matang.
9. taraaa!! siap disajikan setelah dipotong potong. enak dimakan begitu saja, atau juga dengan saus sambal. selamat menikmati!

SUP POKCOY TAHU


Yang suka masakan berkuah yang menyegarkan silakan coba sup pokcoy tahu ini, gampang buatnya dan enaaakkk :D

Bahan-bahan:
ayam, rebus, potong kotak, gunakan kaldunya untuk sup
pokcoy, potong potong
tahu, potong kotak
wortel, potong potong
bawang putih, cincang kecil atau parut
daun bawang seledri, potong potong
garam
gula
merica bubuk

Cara membuatnya :
1. tumis bawang putih sampai harum. masukkan kaldu ayam.
2. setelah mendidih masukkan ayam yang telah direbus dan dipotong kotak kecil. beri garam, gula dan merica secukupnya.
3. masukkan tahu. setelah tahu matang masukkan wortel, lalu pokcoy dan daun bawang seledri. angkat setelah matang.
4. beri taburan bawang goreng jika suka.
5. selamat menikmati!

08 November 2010

Tips Mengolah Telur


1. telur rebus yang telah dikupas, sebelum digoreng untuk diolah lagi, kerat kerat dahulu supaya tidak meletus dan pecah waktu digoreng.
2. menggoreng telur harus dilakukan di dalam minyak panas supaya kulitnya langsung kecokelatan, tetapi berkulit tipis.
3. tambahkan 1-2 sendok teh cairan ke dalam 2 butir telur yang akan didadar supaya telur dadar lembut teksturnya.
4. membuat telur ceplok bisa menggunakan banyak minyak, bisa juga sedikit minyak. telur ceplok yang digoreng dalam minyak banyak akan menghasilkan telur ceplok yang kering, keriting dan berlubang di tengahnya. sedangkan yang digoreng dengan sedikit minyak, menghasilkan telur ceplok yang mulus, lebar dan pipih.
5. telur rebus yang akan diolah kembali dalam sup atau masakan lain harus mulus. telur rebus yang terlanjur sobek bagian putihnya saat dikupas, bisa mengotori kuah masakan.
6. mencampur santan/cairan lain ke dalam kocokan telur, harus dilakukan saat kuning telur dan putih telur sudah teraduk rata. masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk atau dikocok supaya bisa tercampur rata. kalau tidak tercampur rata, masakan akan berair.
(sumber : Mudah Memasak Kuliner Nusantara)

03 November 2010

Karakter Cewek Scorpio

Sifat dan Karakter Cewek Zodiak Scorpio (23 Oktober - 22 November)

Wanita sederhana yang selalu menunjukkan mood yang sedang dialaminya. Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah dia sedang marah, atau sedang merayu anda. Ia menunjukkan dirinya lebih banyak melalui tingkah lakunya daripada apa yang dikatakannya, memang itulah karakter dia.
Wanita Scorpio memiliki pembawaan yang misterius. Ia percaya diri, dan jauh di dalam dirinya, ia adalah orang yang bangga dengan dirinya. Ia tidak suka berpikir bahwa ia “hanyalah” wanita, sehingga ia harus terbatasi dengan beberapa aturan sosial yang selama ini diterima.



Ia adalah wanita yang sesungguhnya, dan walaupun penampilannya yang nampak polos dan kekanakan, ia memiliki semangat jiwa yang bebas. Banyak cowok yang salah mengira bahwa cewek tipe ini adalah cewek yang bertipe “pengikut” yang baik. Cewek dalam zodiak ini berpikir bahwa ibu rumah tangga yang biasa akan sangat membosankan.

Ia suka memiliki kendali atas orang lain, tetapi hal ini haruslah merupakan rahasia baginya, maka yang ia tampilkan ke depan adalah tipe cewek manis. Apa pun yang dilakukannya tampak baik, dan dia memiliki semua trik yang dimiliki cewek. Ia dapat dengan mudah memanipulasi pria tanpa si pria menyadari bahwa ia sedang dimanfaatkan.

Jika anda berpikir bahwa ia akan melakukan apa pun yang anda lakukan karena ia mencintai anda, maka anda akan kecewa. Ia mungkin sedikit tomboy tapi ia dapat mengerti anda hanya dengan memandang ke dalam mata anda. Anda mungkin dapat menggunakan kata-kata manis yang dapat menjatuhkan semua wanita, tetapi tidak akan dapat berlaku bagi cewek scorpio. Ia dapat menggunakan pandangan “sinar X” miliknya untuk “membaca” pikiran anda mengenai apa yang baru saja atau apa yang akan anda katakan. Ia selalu tersenyum, dan benar-benar mampu menyembunyikan perasaannya.

Ia selalu menunjukkan kepada anda bahwa ia mencintai kebebasan. Jika ia memiliki kebebasan, ia tidak akan meninggalkan anda, bahkan akan semakin mencintai anda. Jika ia menginginkan sesuatu, ia akan melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Ia memiliki semacam indra keenam dan anda seakan dapat merasakan umpan balik energi saat berada di sekitar dia.

Ia menyukai cowok yang dapat mendapatkan rasa hormat darinya, dan dia juga akan menghormati dan merasa bangga terhadap si cowok. Seorang cowok yang memiliki kekuasaan terhadap si cewek ini sebaiknya tidak menantang kepercayaan dirinya.
Ia suka didampingi oleh cowok yang ganteng, kuat dan sehat, apalagi untuk dibandingkan dengan pacar-pacar temannya. Jika si cowok memiliki gelar atau karir yang bagus, maka hal ini akan menjadi nilai tambah yang baik. Seorang cowok yang memiliki kekuasaan di atasnya sebaiknya tidak menantang kepercayaan dirinya.

Ia adalah seorang cewek yang “hot”, dia suka musik yang berat. Ia hanya mengenal cinta dan benci, ia tidak mengenal “suka” atau “tertarik”. Cinta, baginya tidak memiliki sikap “mungkin”. Jika ia benar-benar marah, maka ia akan membuang dan membanting barang-barang. Kemarahannya dapat menyebabkan semua piring beterbangan, dan dapat menuju kepala anda jika anda tidak hati-hati.
Tenanglah, karena ia tidak akan menghancurkan sembarangan, karena dia tahu membedakan barang.Terkadang ia akan menunjukkan kelemahannya, tetapi tidak untuk waktu yang lama. Ia akan segera menata diri kembali dan kembali menjadi cewek yang “hot”.

Jika ia mencintai anda, dia tidak akan mempedulikan apa kata orang. Hubungan yang dimilikinya dirasanya lebih penting daripada salah atau benar. Karena alasan inilah, anda dapat lebih mudah mengerti, bahwa beberapa wanita Scorpio rela menjadi istri kedua. Ia adalah orang yang manja, tetapi ia akan merelakan orang yang dia cintai untuk memiliki kekuasaan terhadap dirinya.

Jika anda berpacaran dengan wanita ini, sebaiknya anda membuang semua surat cinta lama anda. Mungkin surat cinta anda sudah berumur 2 tahun, tetapi ia akan bertengkar mengenai hal ini karena hal ini adalah masalah yang sangat besar bagi wanita yang pencuriga. Jika anda mengajak perang dingin dengannya, ia akan menyambutnya, dan akan menggandakan apa yang anda lakukan terhadapnya.

Jika anda membelanya sekali, maka ia akan membela anda 2-3 kali. Ia cukup fair dan adil, maka ia akan menerima permintaan maaf anda sebanyak dia dapat berpura-pura menerima semuanya untuk saat ini dan akan menunggu untuk waktu pembalasan dendam di masa mendatang. Jika anda kedengaran manis, maka ia akan melakukan hal yang sama kepada anda, dua kali lipat. Benar-benar wanita yang fair.

Ia suka mencari dan membelanjakan uang. Ia suka mendapat popularitas dan reputasi, dan tidak pernah membiarkan dirinya menjadi orang yang tidak punya apa-apa dan tidak punya nama. Ia terlalu bangga untuk menerima kenyataan bahwa ia “miskin”. Ia suka dipandang orang, jadi jika anda adalah seorang manajer dengan gaji kecil, ia akan lebih bangga daripada menjadi istri seorang sopir truk dengan uang yang lebih banyak. Ia tidak suka berpikir dan tidak tahan menjadi orang yang “bukan siapa-siapa.”

Jika anda menyukainya, coba sedikit jual mahal. Hal ini akan menggugahnya. Ketika anda berkencan, atur jadwal anda, tapi jangan sampai dia tahu bahwa anda sesungguhnya telah merencanakan hal ini selama berminggu-minggu. Jangan pernah lupa untuk menjemputnya tepat waktu, atau lebih baik anda datang 5-10 menit lebih awal.

(sumber : gen22.blogspot.com)


*** ohohoho... ada yang pas ada yang nggak tuh... eniwei, semoga berguna untuk cewek yang berzodiak scorpio... berguna untuk membantu menilai diri sendiri tentunya :)

Diet Khusus Untuk Zodiak Scorpio

Karena aku seorang scorpio, kebetulan nemu artikel tentang diet khusus zodiak scorpio nih... tapi nggak tau bener nggaknya yaa... tapi kok rasanya berat nih, pantangannya makanan kesukaanku, COKLAAAAATTT!!!

Ada banyak metode diet yang bisa menurunkan berat badan. Salah satunya adalah diet unik yang dinamakan diet zodiak.

Jika Anda berzodiak Scorpio dan ingin menurunkan berat badan, diet zodiak bisa menjadi solusi yang tepat. Orang yang berzodiak Scorpio memiliki banyak kemauan, hal inilah yang menyebabkan kebingungan ketika tidak bisa menurunkan berat badan. Meskipun begitu, orang Scorpio menyadari bahwa di mana ada kemauan maka ada jalan.

Bagi Anda yang berzodiak Scorpio, diet zodiak Scorpio berikut ini akan membantu menurunkan berat badan, seperti yang dikutip dari woman24.

Minuman
Teh herbal atau air dingin diantara makan besar akan membantu untuk tidak makan kudapan. Dengan air, maka tubuh akan membakar kilojoules energi dan menghangatkan tubuh.

Makanan yang bersahabat
Bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih hingga bawang bombay. Masukkan pula rempah-rempah pedas seperti cabai dan lada pada menu diet.

Makanan yang harus dihindari
Daging merah seperti daging sapi, daging yang digoreng, coklat dan telur.

Diet
Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula, garam dan stimulan (kopi dan alkohol). Puasa bisa membantu, namun sebaiknya persiapkan diri dan jadikan rencana jangka panjang.

Olahraga
Kegiatan mendaki bisa memberikan Anda tantangan sekaligus membakar kalori. Jika kegiatan itu sulit diwujudkan, maka berbelanja hingga lelah merupakan alternatif bagi orang berzodiak Scorpio.

(sumber : wolipop.com)

Teh Hitam, Menghilangkan Bau Kaki

Khasiat teh ternyata tak hanya ada ketika diminum saja. Teh yang menjadi konsumsi sehari-hari tersebut ternyata juga bisa membantu krisis percaya diri karena bau.

Aroma tidak sedap dari kaki seringkali muncul setelah melepaskan kaus kaki atau mencopot sepatu. Anda tidak sendiri, banyak yang mengalami kondisi tersebut.

Penyebab aroma tidak sedap itu muncul karena terdapat bakteri pada kaki yang ditimbulkan oleh keringat. Bakteri tersebut membentuk asam organik yang berbau menyengat.

Jangan khawatir, ada cara alami untuk mengatasi masalah mengganggu tersebut. Seperti yang dikutip dari footcare.ygoy, Anda bisa melakukan perawatan kaki dengan teh hitam.

Teh hitam dipercaya dapat mengusir bau tidak sedap pada kaki. Zat asam yang terkandung pada teh hitam dapat membunuh bakteri dan dapat menutup pori-pori sehinggan mencegah keringat berlebih yang memicu bau tidak sedap.

Caranya cukup mudah, rendamlah kaki dalam setengah liter air panas yang telah diberi teh hitam dan dua kantong teh celup. Biarkan selama 30 menit, lalu Anda dapat merendam kaki pada air dingin setelahnya untuk menyegarkan kaki.

(sumber : wolipop.com)

02 November 2010

Kenapa Si Kecil Suka Coret Coret?


2 Jagoanku suka coret coret, seperti wajarnya anak kecil lain. Tapi dari sejak mereka kuperkenalkan dengan alat tulis (awalnya spidol, lalu krayon, lalu pensil warna), mereka juga kuperkenalkan pada media untuk menulis, yaitu kertas. Bisa kertas gambar, bisa buku catatan biasa, apa saja pokoknya ada medianya. Jadi alhamdulillah, sampai sekarang, nggak satupun anakku yang coret coret di dinding, aman deh nggak perlu memikirkan mengecat ulang dinding karna coret coret. Berikut ini ada artikel tentang coret coret anak, semoga berguna yaa...

Orangtua seringkali menemukan coretan-coretan pada dinding rumah yang dilakukan oleh si kecil. Kenapa anak kecil suka sekali mencoret-coret?

Kelakuan ini seringkali membuat orangtua menjadi kesal dan marah, karena tembok rumah yang tadinya bersih jadi kotor. Biasanya anak belum bisa menggambar bentuk yang benar, sehingga coretan yang ada hanya berupa garis lurus saja.

Meskipun kondisi ini tidak menyenangkan dan membuat rumah terlihat kotor, sebaiknya orangtua tidak memarahi atau membentak si kecil.

Namun beritahukan pada anak di mana seharusnya ia boleh menggambar atau mencoret-coret. Sediakan pula sarana seperti buku gambar, kertas kosong dan crayon ukuran besar sehingga mudah digenggam oleh anak.

Kebiasaan mencoret-coret ini merupakan salah satu cara untuk melatih perkembangan motorik halusnya, perkembangan ini nantinya akan dibutuhkan untuk membantu anak menulis dan menggambar.

Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi si kecil untuk mengungkapkan atau mengekspresikan dirinya, meskipun gambar yang dihasilkan terkadang tidak bisa dimengerti oleh orangtua.

Dikutip dari Family,go.com, coretan yang dihasilkan oleh si kecil berbeda-beda tergantung pada usianya, yaitu:

Coretan acak terjadi pada usia 12-30 bulan (2,5 tahun)
Pada usia ini anak masih belajar untuk memegang pensil warna dan membuat tanda atau garis di atas kertas. Anak-anak cenderung mengalami kenikmatan kinestetik, yaitu kesenangan atau kenikmatan untuk bergerak dan membuat tanda. Coretan yang dihasilkan masih acak dan tidak teratur serta cenderung menghasilkan garis panjang sepanjang kertas atau tembok.

Coretan terkontrol terjadi pada usia 2,5-3 tahun
Pada usia ini anak mulai menggunakan gerakan pergelangan tangan, mengontrol coretannya dan membuat gambar yang lebih kecil. Namun coretan yang dihasilkan belum sepenuhnya bisa dimengerti orang lain, dan juga anak masih suka menggambar atau mencoret-coret tembok.

Coretan yang dihasilkan mulai berbentuk, terjadi pada usia 3-4,5 tahun
Anak-anak mulai memegang krayon dengan menggunakan jari serta sudah mampu membuat berbagai garis dan bentuk serta gambarnya sudah mulai bisa dimengerti. Selain itu anak-anak juga cenderung ‘mengisahkan’ atau ada cerita di balik gambar yang dibuatnya.

Preskematik terjadi pada usia 4,5-7 tahun
Anak mulai menggambar simbol-simbol seperti garis yang meliuk-liuk, lingkaran, spiral, angka-angka dan sesuatu yang mulai menyerupai objek sebenarnya. Tapi anak-anak masih belajar untuk mengungkapkan sesuatu pada orang lain melalui gambarnya.

Orangtua sebaiknya tidak melarang kegiatan anaknya ini, karena banyaknya larangan yang diterima oleh si kecil akan menghambat sisi kreativitas anak untuk berani mengekspresikan dirinya. Selain itu larangan yang diberikan atau memarahinya tidak akan memberitahu anak apa yang salah dan bagaimana yang benar.

Karena itu orangtua harus menyediakan sarana bagi anak untuk menggambar, serta memberitahu dan memberi pengertian pada anak dimana saja anak boleh menggambar dan daerah mana saja yang tidak boleh.

Memang tidak mudah dan tidak cukup sekali saja memberitahunya, untuk itu orangtua harus sabar dan mengulanginya terus, serta jangan lupa untuk memberi anak pujian jika ia berhasil menggambar di tempat yang benar.

(sumber : resep.web.id, detik-health)

PISANG GORENG KEJU


Bosan dengan olahan pisang goreng yang biasa? buat saja pisang goreng keju.

bahan-bahan :
pisang tanduk/uli, potong potong
keju, potong kecil kecil
terigu
tepung beras
gula, sedikit

Caranya :
campur tepung terigu, tepung beras dan air, lalu masukkan semua bahan. Goreng dalam minyak panas. Angkat setelah coklat kekuningan. yuuk dinikmati!!
Kalau yang suka coklat, bisa juga ditambahkan parutan coklat atau meises coklat yaa...

Kesemutan

Pernahkah Anda merasa kesal saat mengetik karena ujung-ujung jari terasa kebal akibat kesemutan? Biasanya kesemutan dianggap sepele, karena sering terjadi akibat salah posisi duduk atau otot yang tegang. Padahal bila kesemutan yang Anda alami tidak disebabkani oleh kedua hal itu, maka kesemutan adalah warning telah terjadi gangguan kesehatan yang serius.

Apakah kesemutan?
Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya parestesia adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Apa penyebabnya?
Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan Misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Gejala penyakit serius
Namun bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas; atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering; atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius.
Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab masalah. Bisa jadi pada saraf tepi, pada otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak.

Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan, antara lain:
1. Radang sumsum tulang belakang (myelitis)
Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV).

Penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.

2. Diabetes mellitus atau kencing manis
Pada penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas, adalah gejala CTS. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 - 2 tahun.
Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.

4. Jantung
Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. Yang terjadi misalnya, si penderita menjalani operasi pemasangan klep jantung. Saat pemasangan, ada bekuan darah menempel, yang kemudian terbawa aliran darah ke atas, dan menyumbat salah satu pembuluh darah di otak. Bila sumbatan di otak itu kebetulan mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Bila daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan menjadi kelumpuhan.

5. Rematik
Rematik juga menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.


(sumber : conectique.com)

Cara Menyeduh Teh

Menyeduh teh memang sepele, tetapi untuk memperoleh citarasa yang maksimal dari teh, maka cara menyeduh teh perlu dilakukan secara benar.

Cara menyeduh teh (tanpa ampas) :

1. Rebuslah air hingga air matang.

2.Untuk 1 poci sedang (3-4 cangkir teh), maka siapakan 2-3 sendok teh curah, lalu ditempatkan dalam saringan. Teh dalam saringan dibilas sebentar dengan air panas sehingga daun teh basah dan mengembang serta debu teh dapat terbuang (air bilasan dapat ditampung atau dibuang).

3. Air yang digunakan hendaknya tidak terlalu panas/dibiarkan sebentar (suhu 80-90 derajat celsius), hal ini untuk menjaga kandungan antioksidan teh tidak rusak.

4. Minumlah segera setelah diseduh dan jangan dibiarkan terlalu lama. (1/2 jam awal adalah waktu terbaik dalam meminum teh sehingga mendapatkan khasiat teh paling optimal)

Semoga berguna untuk para pecinta teh :)

(sumber : walini.wordpress.com)

10 Makanan Penyembuh

Biarlah makanan menjadi obatmu. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.

Selama bertahun-tahun, para ahli gizi melakukan penelitian untuk mengidentifikasi manfaat nutrisi dari makanan tertentu. Mereka mempelajari protein, karbohidrat, kalori, lemak, mineral dan vitamin untuk menentukan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Berikut sejumlah makanan yang memberi banyak manfaat untuk tubuh, seperti dikutip laman Methods of Healing.

1. Madu
Penelitian menunjukkan bahwa madu mengandung antibakteri dan antivirus. Studi lebih dalam menyebut madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Green Tea
Penelitian menunjukkan, teh hijau membantu mengurangi risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Teh hijau juga diyakini membantu mencegah penyakit diabetes tipe dua dan osteoporosis, serta meredakan radang usus.

3. Kenari
Makan 1,5 ons kenari setiap hari bisa menjadi makanan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

4. Blueberry
Adalah salah satu buah dengan tingkat antioksidan tinggi. Kandungan zat di dalamnya membantu memperlambat penuaan, mengurangi risiko diabetes, menurunkan kolesterol, meningkatkan keterampilan motorik, serta menunjang kesehatan kemih dan penglihatan. Blueberry juga memiliki sifat antiinflamasi.

5. Delima
Sebagai buah kaya antioksidan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa delima membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan, membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker tertentu.

6. Rempah-rempah
Kayu manis membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah. Jahe membantu memperbaiki kesehatan pencernaan, dan mengandung antiinflamasi. Manfaat jahe sebagai pencegah kanker juga tengah dipelajari. Sementara sifat antiinflamasi kunyit diyakini dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer serta mengurangi risiko kanker.

7. Yogurt
Yang terbaik adalah yogurt polos. Kandungan kalsium, magnesium, Vitamin B-2 & B-12, dan probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik dalam usus, bermanfaat menyehatkan sistem pencernaan serta kekebalan tubuh. Konsumsi yogurt secara teratur juga diyakini membantu menurunkan kolesterol.

8. Cokelat hitam
Jenis cokelat ini menawarkan manfaat baik bagi sistem kardiovaskular serta perlindungan dari kanker. Tak hanya itu, mengonsumsi cokelat hitam juga bisa membangkitkan suasana hati yang baik untuk kesehatan emosional dan mental.

9. Salmon
Salmon kaya omega-3 asam lemak dan protein, rendah kalori, rendah lemak jenuh, dan memiliki sifat antiinflamasi. Manfaat kesehatan ikan salmon termasuk pencegahan diabetes, Alzheimer, kanker serta menyehatkan sistem kardiovaskular.

10. Brokoli
Brokoli penuh dengan vitamin seperti asam folat, vitamin A, B6 dan K. Mineral seperti kalsium dan kalium membuatnya lebih sehat. Brokoli dianggap sebagai makanan penyembuhan yang diaktifkan oleh phytochemical indole-3-carbinol dan sulforaphane, membantu melawan kanker.


(sumber : vivanews.com)

29 October 2010

BELAJAR DARI SEMUT

Suatu hari ada seorang ibu yang selalu mengeluh tentang semut, ya setiap kali ia meletakan makanan beberapa lama kemudian sudah di kerumuni oleh semut. Kebetulan ibu ini memang senang dan ahli memasak, jadi selalu saja ia berusaha menyajikan masakan-masakan yang lezat bagi keluarga.

Apa lagi bulan ini adalah bulan Puasa, jadi ia lebih semangat lagi untuk menyajikan hidangan-hidangan istimewa bagi keluarganya. Namun ada satu hal yang kerap kali membuatnya kesal dan marah yakni manakala hendak menyantap hidangan puasa selalu saja semut mencicipinya terlebih dahulu.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengusir para semut pengganggu ini dari rumahnya, namun tak ayal semut itu tidak pernah mau beranjak dari rumahnya. Berbagai upaya keras dilakukan, semakin keras usahanya untuk mengusir semut sepertinya malah semakin keras juga semut-semut itu menunjukkan perlawannannya.
Saking bingunnya akhirnya ibu ini meminta nasihat dari seorang kerabat yang kebetulan paling di tuakan dalam keluarga karena memang orangnya begitu arif dan bijaksana.

Pada saat bertemu si ibu mulai menceritakan panjang lebar tentang prilaku semut dirumahnya dan berbagai upaya yang telah ditempuhnya untuk menghentikan prilaku semut di rumahnya. Namun semut juga tidak juga ada perubahan yang berarti, sehingga ia sering dibuat jengkel dan marah karenanya.

Setelah selesai dengan semua uneg-unegnya tentang semut akhirnya ia berkata “Jadi apa yang terbaik harus saya lakukan untuk bisa mengatasi masalah ini..?”
Diluar dugaanya sang bijak berkata, begini jika kamu tidak menyukai semut dan hal itu telah membuat kamu jengkel dan marah, nah mengapa kamu sekarang tidak belajar untuk menyukainya. Ya yang kamu butuhkan adalah menerima semut itu apa adanya dan berusaha untuk menyukainya, jadikan semut itu adalah bagian dari pada kehidupan kita. Karena memang dimanapun kita berada dimuka bumi ini kita akan selalu menemukan semut bersama kita.

Lalu kemudian si Ibu itu bertanya lagi; bagaimana mungkin aku bisa menyukai semut yang terus menggangguku..? Lalu saudaranya yang bijak itu kembali berkata: Orang yang membenci sesuatu selalu akan merasa terganggu danga apapun yang dilakukan oleh orang yang dibencinya tersebut, tapi orang yang menyukai sesuatu dia tidak akan pernah merasa terganngu, karena memang perasaan mengganggu itu terlahir dari tidak adanya rasa cinta.

Coba perhatikan, seorang ibu yang bagitu mencintai bayinya, karena bayi tersebut telah lama dinanti-nantikannya, ibu ini sama sekali tidak merasa terganggu jika bayinya menangis di tengah malam karena pipis atau lapar ingin menyusu meskipun ia sedang terlelap tidur karena lelah telah mengurusnya selama seharian penuh, mengapa karena dia begitu mencintai bayinya, tapi bagi seorang baby sitter yang tidak mencintai bayi tersebut, dengan kejadian yang sama mungkin ia akan merasa terganggu sekali.

Jadi bukan sesuatu yang membuat kita terganggu melainkan tidak adanya rasa suka dan cintalah yang telah mengganggu perasaan kita. Maka agar kita tidak merasa terganggu sukailah apa yang sebelumnya kamu benci dan bangunlah rasa cinta antar sesama mahluk, maka jika kita berhasil melakukannya kita tidak akan pernah merasa terganggu lagi selamanya.

Para orang tua dan guru yang saya cintai dimanapun anda berada, jika selama ini ada yang merasa terganggu oleh prilaku anak atau anak murid-murid kita di sekolah maka mulailah menyukai dan mencintainya dengan sepenuh hati, percayalah setelah itu perlahan-lahan kita tidak akan merasa terganggu lagi oleh prilaku mereka.

(sumber : ayahkita.blogspot.com)

** Walopun aku nggak suka masak, kebetulan di dapur lagi sering banyak semut... mirip nih jadinya... hehe... mesti mencintai semut dong yaa... :D

PENGETAHUAN KECIL


* Apakah Bintang itu? Bintang sama dengan matahari, terbentuk dari relasi penggabungan inti atom dan mampu mengeluarkan cahaya sendiri. di langit malam yang cerah, kita dapat melihat dengan jelas bintang2 ini, yg berjumlah sekitar 6000 buah.sebagian besar terletak di tempat yg jauh. (3 menit Belajar PU)

* Mengapa matahari berwarna merah saat terbit & terbenam? Saat matahari terbit dan terbenam,sinar dari matahari melakukan perjalanan yang lebih panjang dibandingkan dengan diwaktu lain seperti siang krn jarak antara kita dan matahari di waktu terbit & terbenam lebih jauh dibandingkan di waktu siang. Warna sinar yg mampu mencapai kita adalah warna yg mempunyai gelombang sinar lebih panjang yaitu merah. (3 menit Belajar PU)

* Susu, selain kandungan kalsium yang dimilikinya, juga mempunyai kandungan nutrisi lain seperti fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino dan asam pantotenat. Karenanya susu memiliki banyak manfaat, diantaranya : mencegah osteoporosis, menurunkan tekanan darah, menetralisir racun, mencegahkerusakan gigi, membantu agar lebih cepat tidur, mempercantik kulit, dll.

* Makan malam bersama,ternyata membawa dampak dan manfaat yang luar biasa bagi orang tua dan anak-anak. Tidak hanya baik untuk menjalin komunikasi, makan malam bersama juga dapat menghindarkan remaja dari perilaku buruk.Keluarga yang makan malam bersama biasanya lebih punya hubungan yang kuat dan lebih bahagia.

* Vitamin c sering disebut sebagai rajanya vitamin, krn vit. C memiliki banyak manfaat. Selain bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem imun. Meski aman dikonsumsi dalam dosis tinggi dan bersifat larut dalam air,saat mengonsumsi vitamin C sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih agar terhindar dari terjadinya kristalisasi dalam ginjal. (Femina)

* Sarapan atau breakfast (bhs Inggris) berarti berbuka puasa setelah malam hari kita tidak makan. Karena itu, sarapan adalah saat makan paling penting dalam sehari. manfaat sarapan di pagi hari antara lain : memberi energi untuk otak, meningkatkan asupan vitamin, memperbaiki memori, meningkatkan daya tahan terhadap stress dan memperkuat ikatan dalam keluarga.

* Masa pakai obat. Obat sirup bisa disimpan sampai 3 bulan. selama masa kadaluarsanya masih jauh dan penyimpanannya baik (tidak terkena sinar matahari), serta sifat fisik obat belum berubah. Bila obat sudah mulai berubah bentuk menjadi gumpalan, maka segeralah buang obat tersebut. (M&B)

* Gelombang laut. Penyebab utama terbentuknya ombak ada 3 :1. gelombang yg terbentuk karena tiupan angin di permukaan (gelombang angin).2. gelombang yg terjadi karena gempa bumi atau letusan gunung berapi (tsunami).3. Gelombang karena perubahan cuaca, gelombang terbentuk karena pasang-surut dan gerakan arah angin yg berubah. (3 menit Belajar PU)

* Bangsa Timur, seperti Cina, Korea dan Jepang lebih dulu mengenal kompor daripada bangsa Barat (lebih tepatnya tungku).Tungku api telah ada di Cina sejak zaman dinasti Qin (221-206 SM) dan terbuat dari tanah liat. Desainnya mirip dengan Kamado di Jepang pada periode Kerajaan Kofun (abad 3-6). (Intisari)

* Tahukah teman, penomoran buku di perpustakaan dari 000-900 sebenarnya menyiratkan makna siklus hidup manusia dari lahir sampai meninggal? 000 = umum 100 = filsafat 200 = agama 300 = ilmu sosia l400 = bahasa 500 = ilmu murni 600 = ilmu terapan 700 = kesenian 800 = kesusasteraan 900 = biografi. (Intisari)

* Jerapah adalah salah satu hewan tertinggi di dunia. Mereka bisa tumbuh sampai setinggi rumah satu tingkat. Leher panjang mereka memudahkan untuk mengambil daun di pohon yang tinggi. Jerapah selalu merasa lapar. Mereka bisa makan sampai 34 kg makanan per hari.(Brainy Baby)

* Sebuah penelitian di AS menemukan bahwa bayam yang dikemas dan diletakkan dalam pendingin dengan lampu terang selama 3 hari memiliki kadar vitamin C, K, E dan folat yang jauh lebih tinggi. sebaliknya bayam yang disimpan dalam kegelapan mengalami penurunan kadar nutrisi, atau malah tak berubah. tanaman berdaun hijau terus berfotosintesis meski telah dipetik. (RDI)

* Ternyata konsumsi ikan laut di Indonesia hanya sebesar 19kg/kapita/tahunnya lho. Padahal anjuran untuk mengonsumsi sumber vitamin A dan D ini sebenarnya cukup banyak, 25kg/kapita/tahun. Selain mampu mencegah gondok, kandungan yodium pada ikan laut juga berperan dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. (PI)

* Sebuah peribahasa Inggris "an apple a day keeps the doctor away" (makanlah apel setiap hari dan tubuh akan terhindar dari penyakit). Karena apel memang punya banyak manfaat utk kesehatan, al : melindungi tubuh dari virus flu, menurunkan kadar kolestrol, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan gigi, mencegah kanker, penyakit jantung dan stroke serta menyehatkan paru - paru, dll.

* Dibandingkan dgn 100 gr nasi putih/mi basah, 100 gr roti memberikan energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan besi yg lebih banyak. Sebagai menu sarapan atau bekal si kecil, biasanya roti disajikan bersama susu dan telur goreng/dadar. Menu ini akan meningkatkan perolehan zat gizi, khususnya protein yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak balita.

* Salah satu keunggulan putih telur sbg sumber protein tinggi adlh protein yg terkandung di dalamnya bisa langsung diserap tubuh. Tdk spt sumber protein lain, spt daging yg hrs melewati proses panjang sblm dpt diserap tubuh. (3)

* Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan.Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi per hari selama 8-15 hari berturut-turut.

* Eau de Toilette adalah salah satu jenis parfum dengan kandungan konsentrat parfum sekitar 4-6 persen. dalam artian bahwa wewangian jenis ini hanya bisa bertahan 2-4 jam saja. Harga lebih terjangkau dan harus disemprotkan berulang untuk menjaga ketahanan aromanya. (3)

* ternyata airmata yg mengalir akibat luapan emosi mengandung lebih tinggi protein dan penghilang rasa sakit alami. Selain itu airmata juga membunuh bakteri di mata dan "membersihkan" mata, yang dapat meningkatkan daya penglihatan. (3)

* Perut berbunyi tdk hanya saat lapar. Ketika makanan masuk lambung, makanan akan dicerna oleh lambung. Proses pencernaan ini melepaskan gas yang dikandung makanan, hingga menimbulkan bunyi2an. Bunyi2an ini tak terdengar keras saat lambung penuh berisi makanan. Saat kita lapar, suara gas ini terdengar lebih keras karenalambung hanya berisi sedikit makanan. Itu sebabnya perut berbunyi cukup nyaring saat kita lapar. (intisari)


(dari berbagai sumber)

28 October 2010

BOLA BOLA BISKUIT


Si kecil suka biskuit? pasti banyak sisa sianya kan? jangan dibuang sisa sisa patahan biskuit, kumpulkan dalam satu kotak makanan. Setelah banyak bisa dimanfaatkan untuk membuat bola bola biskuit. Gampaaaang banget bikinnya, dan dijamin si kecil pasti suka!

bahan yang dibutuhkan :
patahan/sisa biskuit
meises
susu kental manis coklat (putih juga bisa)
keju (sesuka hati)
kismis (sesuka hati)

Cara membuatnya :
1. Tumbuk dan haluskan sisa sisa biskuit. Tugas ini si kecil pasti suka deh. kak ditya juga paling suka.
2. Setelah semua biskuit halus, campur keju dan kismis. tuangkan susu kental manis secukupnya, sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
3. Bentuk adonan jadi bola bola kecil, lalu gulirkan ke atas meises.
4. Setelah menempel rata, masukkan bola bola biskuit ke dalam kulkas.
5. Makan saat bola bola biskuit sudah dingin yaa... hemmm... yummyy!!

14 October 2010

TEH - Jenis, Manfaat dan Kegunaan



Aku suka banget minum teh. Semua jenis teh aku suka. Dari teh seduh, teh celup berbagai jenis (chamomile, earl grey, blackcurrant, yang beraroma buah, vanilla, dll) sampai teh tarik, bahkan teh tubruk pun aku suka. Berikut ini tentang jenis jenis teh, manfaat dan kegunaannya. Aku ambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat ^_^

Ada 8 manfaat yang terkandung dalam satu cangkir teh. Ini dia manfaatnya :
1. Antioksidan dalam teh dapat melindungi tubuh dari efek polusi dan penuaan dini
2. Mengandung sedikit kafein. 1/8 cangkir kopi mengandung 135 mg kafein, sementara 1 cangkir teh hanya mengandung 30-40 mg kafein sehingga tidak membuat sakit kepala atau susah tidur
3. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Teh membuat peredaran darah lancar dan bersih. Hasil studi di Belanda memperlihatkan, orang yang minum 2-3 cangkir teh hitam perhari memiliki sedikit resiko serangan jantung daripada yang tidak pernah minum teh.
4. Perkuat tulang. Ternyata bukan hanya kalsium susu yang membuat tulang anda kuat, orang yang rutin minum teh memiliki massa tulang lebih padat.
5. Putihkan Gigi. Anggapan teh bisa membuat gigi nampak kusam rupanya tidak benar, sebab ternyata teh mengandung fluoride untuk mengusir karang gigi. Lebih bagus lagi jika seusai menggosok gigi, anda berkumur dengan teh tanpa gula.
6. Cegah Infeksi. Kandungan teh bisa memperkuat sistem kekebalan dan menangkal serangan infeksi.
7. Atasi kanker. Zat antioksidan bernama polyphenols yang ada dalam teh dapat memerangi kanker.
8. Bebas kalori. Tanpa tambahan pemanis, gula atau susu, teh tetap bebas kalori.
Dengan begitu, teh bagus dikonsumsi bagi orang yang berdiet atau yang ingin mempertahankan berat badan. Coba konsumsi teh hijau sekitar 4 cangkir per hari. Itu dapat membakar lebih dari 80 kalori yang tertimbun di tubuh.

Berikut ini beberapa kegunaan teh :
- Mendinginkan kulit yang terbakar matahari
Tempelkan beberapa kantung teh basah, dan rasa terbakar yang ada akan berkurang. Cara ini juga bisa dipakai untuk merawat luka bakar ringan seperti kena uap panas atau terkena setrika. Jika kulit yang terbakar matahari sudah sangat luas, coba rendam beberapa kantung teh dalam bak mandi, dan berendamlah!
- Mengurangi sakit luka gores
Goresan luka tadi biasanya sangat perih, cara paling nyaman adalah meletakkan kantung teh basah di tempat yang terluka.
- Mengeringkan bisul
Setelah teh direbus, tempelkan kantung teh yang basah di bisul, setelah semalam, bisul yang ada akan mengering tanpa rasa sakit pada saat Anda terbangun esok harinya.
- Mengurangi rasa sakit di puting payudara akibat menyusui.
Cara mengatasinya celupkan teh ke air panas, kemudian angkat kantungnya dan letakkan ke dalam wadah berisi es batu. Setelah itu letakkan di puting yang sakit dan biarkan selama beberapa menit.
- Mengurangi sakit gusi
Gusi berdarah selain perih memang tidak menyenangkan. Coba kompres dengan kantung teh basah yang dibasahi air dingin.
- Mengurangi sakit bayi dari suntikan
Coba basahi kantung teh, dan tutupkan di bekas luka suntikan. Tahan perlahan sampai tangis mereda.
- Membersihkan perabot kayu dan lantai
Rebus beberapa kantung teh dalam satu liter air dan biarkan dingin. Gunakan kain lembut dan celupkan dalam larutan, lalu peras, gunakan kain lembab tadi untuk membersihkan perabotan. Keringkan dengan lap kering dan lembut.
- Membersihkan cermin
Untuk membersihkan cermin, buatlah teh kental, biarkan dingin, dan gunakan untuk membersihkan cermin. Lembabkan kain lembut dengan teh tadi, dan gunakan untuk mengelap permukaan cermin. Kemudian keringkan dengan lap kering yang lembut.

Jenis teh ada bermacam-macam, di bawah ini adalah jenis teh dan manfaatnya :
1. Teh Hijau, termasuk jenis teh yang begitu disukai karena :
Manfaatnya sangat besar untuk tubuh kita, catechins antioksidan dan kuta yang terkandung didalamnya bisa membantu membunuh virus,memacu daya tahan tubuh,juga bisa memperlambat efek penuaan dini.
2. Teh Peppermint, merupakan jenis teh yang berguna bagi yang bermasalah dengan percernaan, kerena :
Teh yang satu ini mungkin bisa menolong, hal ini karena mengandung antispasmodia dan peppermint teanya bisa memperlancar pencernaan.teh ini benar-benar bebas kafein..
3. Teh Hitam, ini jenis teh yang sering kita konsumsi, yang ternyata juga memiliki manfaat, karena:
Teh yang ini mempunyai kandungan polyhenol ini bisa mencegah kanker dan penyakit jantung,kolesterol tinggi dan infeksi.
4. Teh Chamomile, Teh jenis untuk bisa untuk mengusir kegelisahan, karena :
Teh yang ini mengandung valerianic acid yang berkhasiat untuk menenangkan kegelisahan dan membantu cepat tidur, disisi lain bagi yang bermasalah dengan jerawat, teh jenis ini bagus untuk dikonsumsi karena german camomile dapat menyembuhkan jerawat.
5. Teh Jahe, ada banyak manfaat juga dengan minum teh jahe ini, karena :
Teh ini mengandung antioksidan yang membantu mencegah kanker serta memulihkan gejala flu dan sakit perut.

Manfaat dari masing-masing teh tersebut akan benar-benar kita rasakan apabila dalam mengkonsumsinya juga disesuaikan dengan aturan pemakaian dan petunjuk penggunaan, sehingga memang manfaat yang kita peroleh bukannya sebaliknya.

(sumber : republika.co.id, id.shvoong.com, premasai.wordpress.com)

01 October 2010

Untuk Hari Tua

Kemarin pagi waktu belanja sayur di depan rumah, ketemu ibu tetanga sebelah lalu ngobrol. Ibu mertuanya baru saja meninggal minggu lalu. Beberapa pelajaran bisa dipetik dari obrolan itu, dan rasanya berguna untuk masa tua kita.
1. Jangan jahat sama anak, karena saat tua nanti kitalah yang akan membutuhkan mereka.
Saat tua, biasanya kita membutuhkan berbagai hal, belum lagi penyakit yang sering menghampiri orang tua. Jadi bisa dipastikan kita akan sangat membutuhkan bantuan anak-anak.
2. Asuransi kesehatan untuk hari tua sangat penting, harus dipersiapkan dari sekarang.
Yak benar. Saat ini mungkin asuransi kesehatan kita ditanggung oleh kantor. Tapi bagaimana saat sudah pensiun nanti?? Kalo PNS atau BUMN mungkin menanggungnya hingga sudah pensiun, tapi kalo bekerja di bidang swasta, benar benar harus dipikirkan secara serius. Karena berbagai penyakit suka berteman dengan orang tua.
3. Mana ada mertua yang cocok dengan menantu perempuan.
Ups! Ini ibu tetangga yang bilang, yang telah menikah puluhan tahun, saat kutanya kenapa ibu mertuanya yang tinggal sendirian itu, tidak tinggal dengan mereka saja. Karena anakku dua-duanya cowok, berarti aku harus belajar untuk menjadi sahabat istrinya, biar akrab dan dekat. Bukan hanya menjadikannya anak menantu, karena pasti beda, kan dia punya ibu sendiri. Hem, yang ini urusannya sama perasaan yaa....

20 August 2010

Seperti Kabut

aku akan menyayangimu

seperti kabut

yang raib di cahaya matahari

:

aku akan menjelma awan

hati-hati mendaki bukit

agar bisa menghujanimu

:

pada suatu hari baik nanti.



(Sapardi Djoko Damono, Kolam 2009)





* Indah, begitu indah... cinta yang menempatkan diri dengan tepat, indah dan malu-malu...

Di Depan Laptop

Ketika sedang menekan-nekan keyboard aku dengar seorang perempuan menyanyi 'I think to myself what a wonderful world' lewat earphone yang sebelah berwarna merah sebelah lagi hitam. Aku pernah ,membaca tentang penyanyi itu, katanya suaranya seperti bidadari. Pernah kau dengar bidadari menyanyi?
Kau jangan berkomentar kali ini, lihat apa yang sedang aku kerjakan di laptop! Bikin puisi , kan? Aku menengok ke arahmu, tetapi kau ternyata tak menoleh padaku, sedang membetulkan letak selimut. Nulis puisi untuk aku, kan?
'I think to myself what a wonderful world!'
Dan lagu itu tak peduli apakah earphone yang nempel di telingaku ini sebelah berwarna merah dan sebelah lagi hitam, tentu saja.

(Sapardi Djoko Damono, Kolam 2009)

*earphone beda warna juga bisa jadi puisi... keren!

16 August 2010

Hari Ulang Tahun Perkawinan

Pada hari ulang tahun perkawinan kita yang kesekian, yang kita sendiri lupa hari bulan apa, kau tidak menyalakan lilin atau mengundang teman makan-makan. Kapan pernah? Pada hari yang sudah kita lupakan itu kita duduk di beranda ngobrol tentang kapan dan di mana kita bertemu pertama kali, cinta pada pandangan pertama, kucing-kucingan di kampus, dan memutuskan untuk kawin entah hari bulan apa. Aduh, kumat!
Kadang-kadang kita mengangguk ketika ada tetangga lewat atau basa-basi bertanya mau ke mana atau berkomentar "Kok tumben jalan-jalan sendirian." atau cengar-cengir saja. Lho, kenapa kau memandangku seperti sudah lama tidak ketemu? Pada hari perkawinan yang sudah terkubur dalam ingatan itu aku seperti mendengarmu bertanya apakah dulu itu aku memang benar-benar menyayangimu atau apa begitu. Gombal!
PAda hari ulang tahun perkawinan kita itu yang mungkin saja kebetulan jatuh hari ini kau tiba-tiba bangkit dari bangku dan masuk rumah meninggalkanku sendirian di beranda memandang pohon mangga yang beberapa buahnya setiap malam berjatuhan dimakan codot.
*
Kubikinkan teh apa kopi?

(Sapardi Djoko Damono, Kolam 2009)

*Romantisme yang unik... lucu aja bacanya, walopun lupa hari perkawinan tetep terlihat romantis... hehe...

05 August 2010

parutan bawang putih


Sebenarnya aku ini bisa masak, tapi aku nggak terlalu suka masak. Nggak betah berlama lama di dapur. Di samping juga karena keribetan dengan urusan kakak dan adek. Jadi dalam memasak apapun, aku selalu mencoba mencari cara yang cepat, tapi nggak terlalu mengubah rasa.
Salah satunya adalah urusan bawang putih. Bumbu yang hampir selalu ada di setiap masakan. Bawang putih ini biasanya diiris tipis, atau dihaluskan dengan bumbu lain, atau dikeprek dicincang kasar. Suatu hari aku melihat acara masak dari LN di TV, kulihat bawang putihnya hanya diparut dengan parutan keju. Wah praktis nih! pikirku. Esoknya segera kupraktekan. Ternyata nggak terlalu mengubah rasa masakan. Memang sih nggak bisa diterapkan untuk semua masakan ya. Ada masakan yang memang lebih enak kalo bumbunya dihaluskan, seperti gulai, opor, ungkepan ayam. Nah, parutan bawang putih ini biasanya kupakai saat memasak semur, tumis tumisan, sop, lodeh, atau bumbu tepung saat membuat tempe goreng tepung, ayam/udang/ikan goreng tepung, juga bumbu bakwan Ternyata lumayan sedikit mengurangi waktuku di dapur. Jadi sampai sekarang aku lebih sering menggunakan parutan bawang putih ini daripada diiris tipis atau diulek. Yang tertarik, silakan mencoba!

04 August 2010

Menyusui, Puasa dan Niat.


Awal Ramadhan tahun lalu, usia Bintang baru 4,5 bulan. Beda dengan waktu menyusui Ditya, yang waktu itu udah berusia 9 bulan, waktu itu aku berpikiran nggak tega karena Ditya sama sekali nggak mau susu formula. . Kali ini aku bertekad keras untuk bisa puasa Ramadhan meski sedang menyusui ASI eksklusif. Ada sedikit terbersit rasa ragu, tentang mampu nggaknya aku menjalani, dan mampu nggaknya adek Bintang menerima ASI yang mungkin akan berkurang jumlahnya. Tapi kita nggak akan pernah tahu tanpa pernah mencoba bukan? Sebagai penguat mental dan niatku, aku mencoba browsing dari mana-mana, tentang tips dan pengalaman puasa selama menyusui sebelum Ramadhan datang. Setelah kubaca-baca berbagai artikel itu, makin mantaplah niatku untuk puasa. Oiyah, aku juga minta dukungan dari suamiku, dalam hal ini dukungan orang tersayang sangatlah diperlukan.

Ramadhan pun datang, semua orang menyambut dengan suka cita dan gembira. Tak terkecuali aku, ada semangat tersendiri yang tak terkatakan. Hari pertama, aku berdua dengan suamiku, makan sahur dengan semangat, tak lupa juga minum susu ibu menyusui, dan membaca niat puasa dengan tambahan permohonan pada ALLAH semoga ASI ku tetap lancar. Makan sahur kali ini beda dengan makan sahurku pada puasa ramadhan sebelum-sebelumnya, kali ini aku makan dengan porsi yang lebih banyak, dilengkapi dengan buah dan minum air putih bergelas-gelas. Hem, kenyaaaaaang banget rasanya. Perjuangan hari pertama pun dimulai. Melakukan apapun yang paling sulit adalah untuk memulai yang pertama. Pagi hari, semua masih berjalan lancar, ASI ku masih banyak. Menjelang siang, meski ASI masih banyak, tapi aku merasa pusing. Tapi aku tetap bertahan. Sore hari sepertinya ASI ku sudah mulai lumayan berkurang. Aku lihat Adek Bintang masih baik-baik saja, jadi aku merasa tenang. Alhamdulillah, hari pertama bisa terlalui meski dengan pusing yang harus kutahan, tapi kurasa ini karena belum terbiasa. Saat berbuka puasa, setelah minum teh hangat dan kurma, aku minum air putih lumayan banyak. Setelah sholat maghrib barulah aku makan menu utama. Buah pun tak kulupakan. Agak malam aku makan lagi, buah dan roti. Sebelum tidur aku minum susu. Jadi gizi ASI untuk adek Bintang Insya Allah nggak akan berkurang. Perjuangan hari kedua pun tak jauh beda, hanya saja tak terlalu pusing seperti hari pertama. Hari ketiga, keempat dan seterusnya mulai terbiasa dan lama kelamaan tak ada rintangan yang kurasakan amat berat. Tak terasa hingga ramadhan berakhir aku genap berpuasa sebulan penuh, alhamdulillah. Ini didukung juga oleh aku yang belum mengalami datang bulan sehubungan dengan masi menyusui ASI eksklusif. Setelah dewasa, baru kali ini aku biasa puasa penuh tanpa gangguan tamu bulanan. Senang, bahagia rasanya tak terkirakan. Adek Bintang hebat!!Berat badannya pun tak berkurang, bahkan bertambah dengan normal seolah tak berkurang asupan makanan dan gizinya. Ramadhan tahun lalu rasanya jadi ramadhan yang paling indah dan penuh makna dalam hidupku.

Jadi akhirnya aku simpulkan sendiri, bahwa meskipun sedang ASI Eksklusif, asalkan ada niat dan kemauan yang kuat Insya Allah puasa Ramadhan bisa dilaksanakan seperti biasa. Yang penting jangan lupa minum susu saat sahur dan malam sebelum tidur, makan buah yang cukup, minum air putih yang banyak saat sahur dan buka puasa, makan makanan sehat yang gizinya cukup, dan berdoa pada Allah tentunya. Juga dukungan dari orang-orang tersayang yang ada di dekat kita. Yang tak kalah penting dan tak boleh dilupakan adalah mengajak si kecil bicara dari hati ke hati, katakan kalo kita mau puasa Ramadhan jadi maaf kalo ASI nggak terlalu banyak. Tentunya dengan bahasa kasih sayang, Insya Allah meskipun masih bayi, si kecil akan memahaminya.

Untuk para Mama yang masih menyusui ASI eksklusif, jangan takut untuk puasa Ramadhan yaa. Biasanya yang dikhawatirkan adalah gizi si kecil yang akan berkurang, atau takut si kecil nanti kelaparan. Insya Allah dengan niat kuat dan berbagai tips yang benar-benar dilakukan, puasa Ramadhan bisa dijalankan. Selamat berpuasa temans, semoga Ramadhan tahun ini jadi bulan yang paling indah dan penuh keberkahan ^_^