29 October 2010

PENGETAHUAN KECIL


* Apakah Bintang itu? Bintang sama dengan matahari, terbentuk dari relasi penggabungan inti atom dan mampu mengeluarkan cahaya sendiri. di langit malam yang cerah, kita dapat melihat dengan jelas bintang2 ini, yg berjumlah sekitar 6000 buah.sebagian besar terletak di tempat yg jauh. (3 menit Belajar PU)

* Mengapa matahari berwarna merah saat terbit & terbenam? Saat matahari terbit dan terbenam,sinar dari matahari melakukan perjalanan yang lebih panjang dibandingkan dengan diwaktu lain seperti siang krn jarak antara kita dan matahari di waktu terbit & terbenam lebih jauh dibandingkan di waktu siang. Warna sinar yg mampu mencapai kita adalah warna yg mempunyai gelombang sinar lebih panjang yaitu merah. (3 menit Belajar PU)

* Susu, selain kandungan kalsium yang dimilikinya, juga mempunyai kandungan nutrisi lain seperti fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino dan asam pantotenat. Karenanya susu memiliki banyak manfaat, diantaranya : mencegah osteoporosis, menurunkan tekanan darah, menetralisir racun, mencegahkerusakan gigi, membantu agar lebih cepat tidur, mempercantik kulit, dll.

* Makan malam bersama,ternyata membawa dampak dan manfaat yang luar biasa bagi orang tua dan anak-anak. Tidak hanya baik untuk menjalin komunikasi, makan malam bersama juga dapat menghindarkan remaja dari perilaku buruk.Keluarga yang makan malam bersama biasanya lebih punya hubungan yang kuat dan lebih bahagia.

* Vitamin c sering disebut sebagai rajanya vitamin, krn vit. C memiliki banyak manfaat. Selain bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem imun. Meski aman dikonsumsi dalam dosis tinggi dan bersifat larut dalam air,saat mengonsumsi vitamin C sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih agar terhindar dari terjadinya kristalisasi dalam ginjal. (Femina)

* Sarapan atau breakfast (bhs Inggris) berarti berbuka puasa setelah malam hari kita tidak makan. Karena itu, sarapan adalah saat makan paling penting dalam sehari. manfaat sarapan di pagi hari antara lain : memberi energi untuk otak, meningkatkan asupan vitamin, memperbaiki memori, meningkatkan daya tahan terhadap stress dan memperkuat ikatan dalam keluarga.

* Masa pakai obat. Obat sirup bisa disimpan sampai 3 bulan. selama masa kadaluarsanya masih jauh dan penyimpanannya baik (tidak terkena sinar matahari), serta sifat fisik obat belum berubah. Bila obat sudah mulai berubah bentuk menjadi gumpalan, maka segeralah buang obat tersebut. (M&B)

* Gelombang laut. Penyebab utama terbentuknya ombak ada 3 :1. gelombang yg terbentuk karena tiupan angin di permukaan (gelombang angin).2. gelombang yg terjadi karena gempa bumi atau letusan gunung berapi (tsunami).3. Gelombang karena perubahan cuaca, gelombang terbentuk karena pasang-surut dan gerakan arah angin yg berubah. (3 menit Belajar PU)

* Bangsa Timur, seperti Cina, Korea dan Jepang lebih dulu mengenal kompor daripada bangsa Barat (lebih tepatnya tungku).Tungku api telah ada di Cina sejak zaman dinasti Qin (221-206 SM) dan terbuat dari tanah liat. Desainnya mirip dengan Kamado di Jepang pada periode Kerajaan Kofun (abad 3-6). (Intisari)

* Tahukah teman, penomoran buku di perpustakaan dari 000-900 sebenarnya menyiratkan makna siklus hidup manusia dari lahir sampai meninggal? 000 = umum 100 = filsafat 200 = agama 300 = ilmu sosia l400 = bahasa 500 = ilmu murni 600 = ilmu terapan 700 = kesenian 800 = kesusasteraan 900 = biografi. (Intisari)

* Jerapah adalah salah satu hewan tertinggi di dunia. Mereka bisa tumbuh sampai setinggi rumah satu tingkat. Leher panjang mereka memudahkan untuk mengambil daun di pohon yang tinggi. Jerapah selalu merasa lapar. Mereka bisa makan sampai 34 kg makanan per hari.(Brainy Baby)

* Sebuah penelitian di AS menemukan bahwa bayam yang dikemas dan diletakkan dalam pendingin dengan lampu terang selama 3 hari memiliki kadar vitamin C, K, E dan folat yang jauh lebih tinggi. sebaliknya bayam yang disimpan dalam kegelapan mengalami penurunan kadar nutrisi, atau malah tak berubah. tanaman berdaun hijau terus berfotosintesis meski telah dipetik. (RDI)

* Ternyata konsumsi ikan laut di Indonesia hanya sebesar 19kg/kapita/tahunnya lho. Padahal anjuran untuk mengonsumsi sumber vitamin A dan D ini sebenarnya cukup banyak, 25kg/kapita/tahun. Selain mampu mencegah gondok, kandungan yodium pada ikan laut juga berperan dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. (PI)

* Sebuah peribahasa Inggris "an apple a day keeps the doctor away" (makanlah apel setiap hari dan tubuh akan terhindar dari penyakit). Karena apel memang punya banyak manfaat utk kesehatan, al : melindungi tubuh dari virus flu, menurunkan kadar kolestrol, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan gigi, mencegah kanker, penyakit jantung dan stroke serta menyehatkan paru - paru, dll.

* Dibandingkan dgn 100 gr nasi putih/mi basah, 100 gr roti memberikan energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan besi yg lebih banyak. Sebagai menu sarapan atau bekal si kecil, biasanya roti disajikan bersama susu dan telur goreng/dadar. Menu ini akan meningkatkan perolehan zat gizi, khususnya protein yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak balita.

* Salah satu keunggulan putih telur sbg sumber protein tinggi adlh protein yg terkandung di dalamnya bisa langsung diserap tubuh. Tdk spt sumber protein lain, spt daging yg hrs melewati proses panjang sblm dpt diserap tubuh. (3)

* Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan.Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi per hari selama 8-15 hari berturut-turut.

* Eau de Toilette adalah salah satu jenis parfum dengan kandungan konsentrat parfum sekitar 4-6 persen. dalam artian bahwa wewangian jenis ini hanya bisa bertahan 2-4 jam saja. Harga lebih terjangkau dan harus disemprotkan berulang untuk menjaga ketahanan aromanya. (3)

* ternyata airmata yg mengalir akibat luapan emosi mengandung lebih tinggi protein dan penghilang rasa sakit alami. Selain itu airmata juga membunuh bakteri di mata dan "membersihkan" mata, yang dapat meningkatkan daya penglihatan. (3)

* Perut berbunyi tdk hanya saat lapar. Ketika makanan masuk lambung, makanan akan dicerna oleh lambung. Proses pencernaan ini melepaskan gas yang dikandung makanan, hingga menimbulkan bunyi2an. Bunyi2an ini tak terdengar keras saat lambung penuh berisi makanan. Saat kita lapar, suara gas ini terdengar lebih keras karenalambung hanya berisi sedikit makanan. Itu sebabnya perut berbunyi cukup nyaring saat kita lapar. (intisari)


(dari berbagai sumber)

No comments: