01 October 2010

Untuk Hari Tua

Kemarin pagi waktu belanja sayur di depan rumah, ketemu ibu tetanga sebelah lalu ngobrol. Ibu mertuanya baru saja meninggal minggu lalu. Beberapa pelajaran bisa dipetik dari obrolan itu, dan rasanya berguna untuk masa tua kita.
1. Jangan jahat sama anak, karena saat tua nanti kitalah yang akan membutuhkan mereka.
Saat tua, biasanya kita membutuhkan berbagai hal, belum lagi penyakit yang sering menghampiri orang tua. Jadi bisa dipastikan kita akan sangat membutuhkan bantuan anak-anak.
2. Asuransi kesehatan untuk hari tua sangat penting, harus dipersiapkan dari sekarang.
Yak benar. Saat ini mungkin asuransi kesehatan kita ditanggung oleh kantor. Tapi bagaimana saat sudah pensiun nanti?? Kalo PNS atau BUMN mungkin menanggungnya hingga sudah pensiun, tapi kalo bekerja di bidang swasta, benar benar harus dipikirkan secara serius. Karena berbagai penyakit suka berteman dengan orang tua.
3. Mana ada mertua yang cocok dengan menantu perempuan.
Ups! Ini ibu tetangga yang bilang, yang telah menikah puluhan tahun, saat kutanya kenapa ibu mertuanya yang tinggal sendirian itu, tidak tinggal dengan mereka saja. Karena anakku dua-duanya cowok, berarti aku harus belajar untuk menjadi sahabat istrinya, biar akrab dan dekat. Bukan hanya menjadikannya anak menantu, karena pasti beda, kan dia punya ibu sendiri. Hem, yang ini urusannya sama perasaan yaa....

No comments: