26 November 2010

Ke Taman Mini Yuukk!








Hari Minggu yang lalu kami sekeluarga ke Taman Mini Indonesia Indah. Tujuan utamanya pengin ke Museum IPTEK, karena Kak Ditya udah TK, dan dia lagi suka banget sama berbagai hal yang berbau eksplorasi dan percobaan. Dulu memang udah pernah ke sana, tapi waktu Kak Ditya Play Group, jadi pasti udah lupa. Tambahannya kami akan mampir ke Aquarium air tawar. Lalu, ayah pun nggak mau kalah, pengin ngajak Kak Ditya ke Museum Transportasi, karena memang Kak Ditya hobi banget sama segala sesuatu tentang mobil.

Alhamdulillah jalanan nggak macet, jadi kurang dari sejam, kami udah sampai TMII. Lumayan ramai hari itu, mungkin karena hari Minggu banyak yang berwisata ya. Berhubung ramai, jadi kita nggak langsung ke Museum IPTEK, tapi mana dulu yang kelewatan deh. Ternyata yang pertama kali terlihat dari daftar tujuan kami adalah Museum Transportasi. Waah, seneng banget tuh Kak Ditya. Tiketnya 2 ribu rupiah per orang, kalau ingin masuk ke pesawat garuda bayar lagi 3 ribu rupiah per orang. Setelah parkir dan membeli tiket, masuklah kita ke dalam. Yang pertama kali menarik perhatian adalah Helikopter yang letaknya memang di dekat pintu masuk. Kami langsung ke sana, melihat lihat. Lalu kami menuju ke museum yang di dalam ruangan. Di sana ada opelet, ada kereta, ada kereta kuda, ada juga miniatur berbagai alat transportasi. Bus transjakarta juga ada lho miniaturnya. Setelah itu kami keliling ke area yang lain. Ada kereta kereta yang udah nggak kepakai, ada berbagai jenis bus, ada rambu rambu lalu lintas, ada juga stasiun kereta, lengkap dengan kereta dan rel keretanya. Cukup menarik yaa. Terakhir, kami ke pesawat garuda yang ada dekat pintu masuk. Ayah, Kak DItya dan Adek Bintang masuk ke dalam, sementara aku menunggu di luar karena nggak terlalu tertarik.

Dari Museum Transportasi kami melanjutkan petualangan. Ternyata yang paling dekat adalah Aquarium Air Tawar. Tiket masuknya 15 ribu per orang, sudah termasuk tiket masuk Museum Serangga. Di dalam Aquarium ada berbagai jenis ikan. Dari yang sering kita lihat, sampai yang nggak pernah kita lihat. Nah, kalau di sini, adek Bintang yang girang bukan kepalang setelah sebelumnya manyun kepanasan di Museum Transportasi. Adek Bintang memang suka Binatang, jadi berbinar binarlah matanya melihat berbagai jenis ikan yang menarik hati. Kami nggak ke Museum Serangga, karena buru buru mengejar waktu buka Museum IPTEK, saat itu sudah pukul 3 sore, sedangkan Museum IPTEK tutup jam 5 sore.

Akhirnya, sampailah kami di Museum IPTEK. Tiketnya 15 ribu rupiah per orang. Begitu masuk gedungnya, waah, Kak Ditya panik heboh ke sana kemari, pengin mencoba semuanya. Ada alat musik kulintang, angklung, tentu yang telah dimodifikasi dengan teknologi. Lalu ada roket luncur yang pakai air. Ada percobaan tsunami, rumah gempa, harpa tanpa dawai, mobil musik, rumah cahaya, bermacam macam deh. Rasanya nggak ada yang terlewat, semua dicoba oleh Kak Ditya. Akhirnya sekitar jam 4.30 sore kami keluar. Petualangan hari Minggu itu sangat memuaskan, semua senang deh :D

No comments: