17 March 2010

pulang ke kampung halaman

pulang kampung selalu saja menyenangkan. meski aku pulang kampung nggak setahun sekali, selalu saja perasaan gembira dan senang itu menyergap datang, ditambah lagi rasa haru biru di hati saat akan meninggalkan kampung halaman.
kampung halamanku ada di Tegal, jateng. deket siiiyyyhh, tapi pegel juga kalo naik mobil, sekitar 5-7 jam, tergantung mau berapa kali istirahat dan tergantung tingkat kemacetan juga. kalo pas lebaran, ampun-ampunan macetnya, bukan hitungan 5 or 7 jam lagi, hitungannya di atas 10 jam, yakkk mesti siap siap pegel dan bawa perbekalan yang cukup tentunya.
aku pulang ke tegal nggak cuma saat lebaran, nggak ada waktu rutinnya sih. yang jelas setahun bisa 4 or 6 kali. tergantung kebutuhan juga. kalo pulang ke tegal, tentu saja ada daftar makanan wajib yang harus dimakan saat di sana. ada soto tegal yang sedaaapppp, ada lengko, kupat bongkok, belum lagi jajanan basah yang cuma dijual di alun alun. pokoknya kenyang nyang nyang deh kalo pulkam...hehehe...
berhubung ortu dan mertua juga di tegal, jadi setiap pulang ke tegal heboh mondar mandir sana sini plus mondar mandir jajan, yang pastinya nggak ketinggalan.
yang aku paling sebel adalah saat pulang, selalu dan selalu saja ada rasa sedih yang masuk menyelusup ke dalam hati. sedih berpisah dengan mama dan papa, sedih meninggalkan kota kelahiran. meskipun depok, tempatku tinggal saat ini pun, rasanya sudah menyatu dengan hati. dulu, aku pikir itu cuma melankoli karena aku akan pulang ke kos-kosan, yang berarti aku akan sendirian lagi setibanya di depok. Tapi entah mengapa hingga saat ini pun, setelah beranak dua, tetap saja aku merasakan kesedihan itu. memang hanya sebentar, ketika sampe rumah pun sudah nggak melow lagi, karena sibuk ngurus ini itu. yah, mau bagaimana lagi, tetap saja ikatan tanah kelahiran lebih kuat dibanding ikatan tempat kita tinggal.
hidup pulang kampung!!! senangnya saat pulang kampung tiba. miss u all the time ^o^

No comments: