24 December 2012

Mampir Sejenak di Cirebon

Terakhir kali masuk kota Cirebon rasanya udah lama banget, waktu SD atau SMP yaa. Biasanya cuma lewat pinggirannya saja dari dan ke arah Jakarta. Kali ini memang kami sengaja ingin mampir. Mampirnya pun nggak lama, hanya ingin belanja batik dan makan empal gentong :D
Masuk kota Cirebon, si Ayah langsung ke kampung batik Trusmi. Kami ke batik EB. Waaaahh banyakk banget batiknya, mata saya jadi berbinar binar. Harganya pun nggak mahal, sangat terjangkau. Selain kain batik, saya membeli juga baju batik yg tinggal pakai saja. Bahkan tanpa sengaja menemukan baju batik sarimbit, kembaran berdua hanya 80 ribu rupiah saja. Kapan kapan harus ke sini lagi nih, pikir saya.
Setelah puas melihat lihat dan belanja, waktunya makan! Tadinya ingin cari empal gentong di tengah kota, tapi kok rasanya malas mencari cari, ditambah lagi krucils udah mulai bosan. Akhirnya kami putuskan makan di Batik EB saja. Oiyah, di belakang toko batiknya, ada tempat makan, bahkan ternyata ada sepetak tempat bermain juga. Ada ayunan juga prosotan. Krucils jadi semangat lagi deh. Selagi kami memesan dan menunggu makanan, krucils bermain main heboh. Melepaskan energi setelah setengah hari ada di dalam mobil dari Depok ke Cirebon.  Ayah memesan nasi lengko, saya memesan empal gentong dan tahu gejrot, sementara Ditya, seperti biasa memesan ayam kremes. Bintang? ngadat makan dan hanya mau minum jus.. duh! Empal gentongnya enakkk, nasi lengko, ayam kremes dan tahu gejrotnya juga enak. Si ayah bahkan nambah pesan empal gentong, jadi siang itu Ayah makan 2 porsi makanan! Wow!
Setelah makan, kami keliling keliling kota Cirebon sejenak. Melewati Keraton Kasepuhan, lalu mampir ke Masjid Merah Panjunan. Gapura pintu beberapa tempat di Cirebon rasanya mirip dengan Bali. Ternyata memang di masa lalu ada pengaruh Hindu juga di Cirebon. Beberapa gedung berarsitektur klasik peninggalan Belandajuga terlihat. Seperti kantor Bank Indonesia, yang terlihat megah dan indah, juga gedung Kantor Pos. Rasanya Cirebon ini kota tua yg perlu dilestarikan. Jalan jalannya lebar dan tidak terlalu ramai. Kami bisa santai berkendara di dalam kota.
Cukup dengan Cirebon, kami melanjutkan perjalanan ke Tegal, tentunya dengan pikiran suatu saat akan mampir lagi ke Cirebon :)

No comments: