22 December 2012

Hari Rapor yang Dinanti

Semester 1 tlah usai, hari yg dinanti tiba juga. Hari ini, tepatnya pagi tadi, ambil rapor Ditya. Saya selalu menatikan hari ini. Ada 4 kali dalam setahun, tengah semester dan akhir semester 1 dan 2. Tentu saja, sebagai mama, saya selalu ingin tahu dan berharap nilai rapor Ditya bagus. Tapi lebih dari itu, saya menantikan hari rapor karena bisa ngobrol dan berkonsultasi dengan guru kelasnya. Ngobrol tentang anak saat di sekolah, tentang perkembangannya, tentang sosialisasinya dengan teman, tentang penerimaannya terhadap pelajaran, tentang minatnya, dan sebagainya. Walaupun cuma 15-20 menit, rasanya selalu menyenangkan.
Bagaimana dengan hasil rapornya? Satu hal yg saya suka di sekolah Ditya adalah tidak adanya sistem ranking. Jadi tidak ada anak yg merasa lebih pintar dari yg lain, atau orang tua yg berlebihan membanggakan anaknya. Tiap anak punya kemampuan dan bidang masing2 yg menonjol.
Seperti Ditya, sejak kelas 1, hingga kelas 2 ini nilai matematika dan sains terlihat konsisten dan stabil, mungkin memang minatnya di bidang itu. Sedangkan nilai olah raga dan seni, selalu biasa saja.. hehe..
Yang penting menurut saya adalah proses, hasil juga penting. Tapi dari proses itu bisa terlihat, ke arah mana minatnya berkembang. Sebagai orangtua, tinggal mengikuti dan memberi perhatian dan fasilitas semampu kita.
Yeay!! Libur tlah tiba!!

No comments: