05 August 2010

parutan bawang putih


Sebenarnya aku ini bisa masak, tapi aku nggak terlalu suka masak. Nggak betah berlama lama di dapur. Di samping juga karena keribetan dengan urusan kakak dan adek. Jadi dalam memasak apapun, aku selalu mencoba mencari cara yang cepat, tapi nggak terlalu mengubah rasa.
Salah satunya adalah urusan bawang putih. Bumbu yang hampir selalu ada di setiap masakan. Bawang putih ini biasanya diiris tipis, atau dihaluskan dengan bumbu lain, atau dikeprek dicincang kasar. Suatu hari aku melihat acara masak dari LN di TV, kulihat bawang putihnya hanya diparut dengan parutan keju. Wah praktis nih! pikirku. Esoknya segera kupraktekan. Ternyata nggak terlalu mengubah rasa masakan. Memang sih nggak bisa diterapkan untuk semua masakan ya. Ada masakan yang memang lebih enak kalo bumbunya dihaluskan, seperti gulai, opor, ungkepan ayam. Nah, parutan bawang putih ini biasanya kupakai saat memasak semur, tumis tumisan, sop, lodeh, atau bumbu tepung saat membuat tempe goreng tepung, ayam/udang/ikan goreng tepung, juga bumbu bakwan Ternyata lumayan sedikit mengurangi waktuku di dapur. Jadi sampai sekarang aku lebih sering menggunakan parutan bawang putih ini daripada diiris tipis atau diulek. Yang tertarik, silakan mencoba!

No comments: