04 May 2010

Tentang The Kite Runner


Judul : The Kite Runner
Pengarang : Khaled Hosseini
Tebal Halaman : 490
Penerbit : Qanita (Mizan)

Awalnya dapet rekomendasi dari saudara sepupu, katanya bagus banget. ternyata memang bagus banget. Jadi tahu Afganistan itu seperti apa, betapa indahnya afganistan sebelum masa masa peperangan tak berakhir itu. kisahnya bener bener menyentuh, tapi nggak mengharu biru.
Kisahnya tentang Amir yang telah mengkhianati Hassan, satu-satunya sahabatnya, dan juga ternyata saudaranya. Rasa bersalah ini terus menghantuinya hingga dewasa, meski dia telah tinggal jauh di Amerika. Masa lalu yang telah terkubur dalam iniselalu saja hadir. Dan seperti rapuhnya layang-layang, Amir tak kuasa menahan badai, Amir harus menghadapi kenangannya ini. Hingga akhirnya Amir kembali ke Afganistan untuk mencari Hassan, dan kenyataan yang didapatnya sangatlah berbeda.
Khaleed menggambarkannya dengan rapi dan indah, karakter tokohnya cukup kuat. Membuat aku jadi ingin membaca karya karyanya yang lain. Gaya penceritaannya mudah dipahami dan asyik untuk dibaca, tak berbelit belit dan rumit, membuat aku ingin segera menyelesaikan novel itu saat membacanya karena rasa ingin tahu yang selalu muncul. Hanya saja sayangnya seperti gaya Amerika yang lain, endingnya selalu saja happy ending. Hem.... yah, mungkin bagus juga untuk menyenangkan pembaca, meski kadang hidup nggak selalu semudah itu untuk happy ending. Tapi mengesampingkan masalah itu, novel ini sangat layak untuk dibaca ^_^

No comments: