05 April 2010

Makanan Beku

Sibuk mengurusi macam-macam hingga tak sempat masak? Ada sedikit tips. Saat ada waktu memasak, usahakan masak lebih banyak. Misalnya ayam ungkep untuk digoreng, gulai ayam atau daging, semur, atau apa saja. Manfaatkan freezer yang ada. Masukkan sebagian masakan yang telah dibuat ke dalam freezer, suatu saat di kala nggak sempet masak, makanan2 ini bisa dikeluarkan dan diamkan sejenak di suhu ruang, lalu hangatkan. Atau kalo memang nggak sempat menghangatkan, tinggal masukkan ke dalam microwave, tekan tombol, siap disantap!
Satu tips lagi tentang makanan beku, daripada beli sayuran beku yang sudah jadi, lebih baik kita bikin sendiri. Rebus buncis, wortel, jagung manis, kembang kol, atau sayur kesukaan apa saja. Rebusnya jangan sampai terlalu masak, usahakan setengah matang saja. setelah itu, tiriskan, tunggu hingga suhu normal, masukkan ke dalam freezer. Suatu saat di kala buru-buru hendak memasak, atau di kala kehabisan sayuran, sayuran beku ini bisa dimanfaatkan.
Kalo punya balita, freezer juga bisa dimanfaatkan, selain untuk menyimpan ASI, atau menyimpan bubur bayi buatan sendiri, bisa juga digunakan untuk menyimpan nuget buatan sendiri, atau kentang rebus, atau kaldu atau apapun yang sekiranya diperlukan si kecil.
Jadi, jangan sampe freezer kosong yaa,selagi ada waktu masak makanan yang bisa dibekukan dan manfaatkan freezer dengan baik karena akan sangat membantu kita dalam menyiapkan makanan :D

No comments: